get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Adat Papua Barat Apresiasi Pemilu Berlangsung Damai

Polda : Kondisi Keamanan di Papua Pegunungan Kondusif Selama Pelaksanaan Pemilu

Sabtu, 24 Februari 2024 | 13:58 WIB
header img
Wakapolda Papua, Brigjen Pol Patrick Renwarin didampingi jajarannya memantau lokasi yang akan melaksanakan PSU di Papua Pegunungan. Foto : Fredy Nuboba

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id -Pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di wilayah Papua Pegunungan berjalan aman terkendali. Aparat kepolisian dalam pengamanan menggunakan pendekatan persuasif.

"Meskipun masih ada sejumlah kabupaten akan melaksanakan pemungutan suara ulang atau PSU dan adanya persoalan tarik ulur dukungan masyarakat kepada calon legislatif, serta gangguan keamanan dari kelompok kriminal bersenjata terhadap jalur transportasi udara," ujar Wakapolda Papua, Brigjen Pol Patrick Renwarin.

Sementara itu, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara sudah dilaksanakan di tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa kabupaten di provinsi Papua Pegunungan, namun ada beberapa kendala untuk proses pengiriman balik logistik Pemilu dari distrik ke kabupaten, terlebih daerah yang dituju harus menggunakan transportasi udara.

"Seperti di Yahukimo, Pegunungan Bintang dan sejumlah distrik lainnya, sehingga ada kemungkinan mengalami keterlambatan pada pleno penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat distrik dan kabupaten," kata Wakapolda usai memantau lokasi yang akan melaksanakan PSU, Jumat (23/2/2024).

Menyoal pelanggaran yang terjadi selama proses penyelenggaraan Pemilu, Wakapolda menyarankan pihka terkait melaporkan hal tersebut ke Bawaslu sesuai mekanisme yang ada.

Dia pun berharap situasi kemanan yang kondusif saat ini dapat terus berlanjut hingga proses pleno hingga tingkat provinsi berjalan lancar.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut