get app
inews
Aa Read Next : KPU Papua Pegunungan Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada Tahun 2024

4 Nama OAP Caleg DPD RI Dapil Papua Pegunungan Unggul Sementara

Rabu, 13 Maret 2024 | 03:23 WIB
header img
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Papua Pegunungan. Foto : Darul Muttaqin/Fredy Nuboba

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Papua Pegunungan.

Pada Selasa (12/3/2024), KPU melakukan penghitungan perolehan suara Pemilu untuk calon legislatif atau caleg tingkat kabupaten hingga pusat dan caleg DPD RI. 11 Caleg bersaing memperebutkan kursi DPD RI Dapil Papua Pegunungan.

Dari pantauan iNewsJayapura.id, hasil hitung suara Pemilu DPD RI 2024 untuk 11 caleg dari Dapil Papua Pegunungan, ada empat nama unggul sementara dan merupakan putra daerah setempat.

Empat nama tersebut sejalan dengan amanat Undang - Undang Otonomi Khusus bagi Tanah Papua di wilayah Administrasi Provinsi Papua Pegunungan bahwa calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) harus benar-benar memprioritaskan orang asli Papua atau OAP lantaran akan mewakili daerah dan wilayah dengan melihat kultur budaya mereka.

Selain itu juga memperhatikan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Majelis Rakyat Papua Pegunungan (MRP) pada 12 Februari 2024 kepada KPU RI dan KPU Provinsi Papua Pegunungan untuk memperhatikan kekhususan, perlindungan, dan keberpihakan kepada OAP di kursi DPD RI.

Berikut empat nama Caleg DPD RI Dapil Papua Pegunungan unggul sementara :

 1. Arianto Kogoya, Nomor Urut 1 memproleh suara 310.902.
2. Matias Heluka, Nomor Urut 6 memperoleh suara 230.147.
3. Nelson Wenda, Nomor Urut 7 memperoleh suara 215.477.
4. Sopater Sam, Nomor Urut 9 memperoleh suara 205.125.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut