get app
inews
Aa Read Next : Edarkan Alprazolam Tanpa Izin, IRT di Timika Ditangkap

Lewati Hari Ketiga, MTQ ke-30 Berjalan Lancar, Berikut Pendapat Ketua Majelis Dewan Hakim MSQ

Kamis, 27 Juni 2024 | 12:30 WIB
header img
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi se-Tanah Papua. (Foto: Istimewa)

Meskipun demikian, Syaiful tetap optimistis dengan tim yang akan dibawa ke nasional. Ia berharap verifikasi administrasi peserta aman dan menyarankan agar apabila diperlukan regu peserta dapat dicampur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Misalnya, peserta yang bagus dalam tilawah dari satu kabupaten bisa digabung dengan peserta yang unggul dalam pensyarahan dari kota lain," jelasnya. 

Menurut Syaiful Muhyidin, jumlah peserta Syarhil tidak terlalu banyak, hanya ada 14 grup dari berbagai kabupaten dan kota, yang dibagi menjadi kelompok laki-laki dan perempuan. 

Ia menilai bahwa meskipun rata-rata penyampaian para peserta sudah bagus dan layak untuk ke tingkat nasional, masih ada beberapa kekurangan dalam pendampingan dari pembimbing. 

"Para pembimbing kurang mengenal teks yang digunakan. Misalnya, dalam bagian terjemah dan isi, ada susunan yang harus diikuti seperti pembukaan, latar belakang, pembahasan, dan analisis. Namun, beberapa peserta tidak dapat menyusun bagian-bagian ini dengan baik," kata Syaiful.  

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua ini juga menyoroti masalah plagiarisme yang masih terjadi di kalangan peserta."Masih banyak peserta yang hanya melakukan copy-paste. Seharusnya, mereka menghasilkan karya yang orisinal dan kreatif. Data otentik harus terbarukan dan kontekstual," tambahnya. 

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut