get app
inews
Aa Read Next : Peduli Lingkungan, Koalisi Anak Adat Serukan Perlindungan Hutan Alam Papua ke Para Calon Pemimpin

Pilgub Papua 2024, Tokoh Pemuda Tabi Dukung MDF

Rabu, 31 Juli 2024 | 15:56 WIB
header img
Tokoh Pemuda Tabi yang juga Mantan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten Jayapura, Jimmy Yoku. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2024, dukungan terhadap Irjen Pol Mathius Derek Fakhiri (MDF) untuk maju Cagub Papua semakin menguat, terutama dari kalangan tokoh pemuda yang berada di Tanah Tabi, khususnya di Kabupaten Jayapura.

Salah satu tokoh pemuda Tabi Jimmy Yoku mengungkapkan dukungannya kepada Jenderal bintang dua itu dikarenakan memiliki sikap tegas tapi humanis. 

"Jadi dengan ketegasannya saya pikir beliau sangat cocok untuk menjadi pemimpin Papua berikutnya," kata Jimmy saat ditemui di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/7/2024) pagi. 

Selain itu dirinya menilai, Irjen Fakhiri memiliki track record dan juga pengalaman bagus selama memimpin Polda Papua.

"Karena itu saya selaku pemuda dan juga tokoh pemuda Tabi siap mendukung dan juga siap memenangkan Mathius Fakhiri di Pilgub Papua," tegasnya. 

Menurut Jimmy, di era kepemimpinan Irjen Fakhiri ada beberapa perubahan dan terobosan yang dilakukan khususnya dalam kuota penerimaan anggota Polri.

"Kita bisa lihat dari salah satu perubahan yang dilakukan beliau itu, dalam hal kuota penerimaan anggota Polisi yang awalnya hanya 300 orang namun beliau mampu memperjuangkan menjadi 2.000 orang siswa Polri. Itulah salah satu ruang untuk generasi millenial (muda) Papua untuk mendaftar sebagai calon anggota Polri," ungkapnya.

Terutama lanjut dia, dengan membuka peluang dari sisi umur mulai dari 2024 hingga 2028. Khusus di Papua itu ada umur yang belum bisa ikut tes dan jika tidak lolos tes di tahun ini, maka bisa ikut tes sampai tahun 2028.

"Jadi, itulah salah satu terobosan yang dilakukan beliau dan saya pikir hal itu pantas di lanjutkan, yaitu di pucuk pimpinan tertinggi di daerah ini," katanya.

Tak hanya itu, Jimmy mengatakan bahwa Irjen Fakhiri merupakan sosok yang selalu menginventarisir semua kalangan agama, dan melakukan komunikasi yang baik ke masyarakat adat. Kemudian, selama menjabat Kapolda, tidak terjadi konflik-konflik yang menonjol di Papua. 

"Sebab beliau membangun komunikasi yang baaik di kalangan lintas agama maupun di masyarakat adat sendiri. Sehingga dari tokoh pemuda, kami lihat beliau ini pantas memimpin Papua. Apalagi dalam kepemimpinan beliau ini sangat tenang dan saya kira wajar menjadi Gubernur Papua," nilainya. 

"Harapan saya kedepannya itu, masyarakat juga sudah bisa melihat siapa yang bekerja dengan baik dan bekerja dengan jujur dengan membuka peluang dengan kesempatan pada generasi kita yang adalah generasi penerus," sambungnya.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendukung penuh Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri yang akan maju sebagai bakal calon (Bacalon) Gubernur Papua.

"Terlepas dari suku atau agama manapun, mari kita sama-sama melihat sosok pak MDF ini. Karena beliau punya kepedulian untuk daerah ini, bagaimana memajukan daerah ini ke depan. Menurut saya itu yang penting, karena beliau sangat humanis dan bisa menjembatani semua kepentingan," pungkasnya.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut