get app
inews
Aa Read Next : Peduli Lingkungan, Koalisi Anak Adat Serukan Perlindungan Hutan Alam Papua ke Para Calon Pemimpin

Dukungan Kepada MDF Terus Mengalir, Puluhan Ondofolo dan Kepala Suku Sentani Deklarasi

Senin, 05 Agustus 2024 | 17:07 WIB
header img
Pernyataan (deklarasi) dukungan untuk Mathius D. Fakhiri (MDF) sebagai Gubernur Provinsi Papua berlangsung di Obee (Balai Adat) Ifar Besar Sentani. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Puluhan Ondofolo dan ratusan kepala suku Sentani, Kabupaten Jayapura menyatakan sikap mendukung Mathius D. Fakhiri di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Gubernur Papua 2024.

Pernyataan (deklarasi) dukungan untuk Mathius D. Fakhiri (MDF) sebagai Gubernur Provinsi Papua berlangsung di Obee (Balai Adat) Ifar Besar Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (05/08/2024).

“Sikap ini sudah disepakati sejak pertemuan awal kami di Media Sosial, dengan tujuan agar para Odofolo dan kepala suku (khose) di Sentani bersatu untuk mendukung pak Mathius di Pilgub 2024,” kata Ondoafi Ifar Besar, William Yoku.

Yoku mengatakan, ini merupakan sikap tegas para Ondofolo dan Khose, bahkan satu hati siap menangkan pak MDF.

“Artinya kami satu danau sudah nyatakan sikap untuk mendukung beliau,” sambungnya.

Ia mengaku memilih sosok MDF karena mampu menjaga Papua tetap aman dan kondusif. “Beliau mampu merangkul semua pihak. Saya berharap beliau bisa tetap menjaga situasi aman dan damai di Tanah Papua,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Yo Ondofolo Kampung Babrongko Ramses Wally. Ia mengatakan seluruh ondo-ondo sudah membuat surat penyataan sikap mendukung pak Mathius Fakhiri jadi gubernur.

“Jadi bukan calon lagi, kalau Ondo-ondo sudah tanda tangan berarti raja-raja bumi sudah mengetahui bahwa MDF tetap menjadi gubernur,” kata Wally.

Menurut ia, apa yang dilakukan para ondo itu adalah sikap murni. Jadi masyarakat secara otomatis akan mendengar sekaligus mendukung MDF di Pilgub Papua.

“Dari tempat ini juga (Ifar Besar) kami akan mengantarkan pak Mathius. Jadi sudah jelas, kami dari Sentani Timur, Sentani Tengah dan Sentani Barat sudah menyatakan sikap mendukung pak Mathius. Titik, tidak ada yang lain,” tegasnya.

Dengan adanya dukungan ini, Ramses Wally meminta para Ondofolo dan Koshe tidak boleh main dua kaki atau tiga kaki di Pilgub Papua, tetapi komitmen dan mengantarkan pak Mathius jadi Gubernur Papua.

“Beliau yang datang ke kami minta duluan, jadi kami bersikap seperti itu. Jika ada calon lain yang masuk terserah, kami para ondo sudah sepakat dukung MDF,” tegasnya.

Berikut isi pernyataan sikap Ondofolo se Bhuyakha Bhu yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Adat Bersama Bapak Mathius Derek Fakhiri:

Kami segenap masyarakat Indonesia di Negeri Puyakha Phu Tanah Tabi Provinsi Papua merasa bangga dan terhormat dapat tergabung dalam Gerakan Masyarakat Adat bersama Bapak Mathius Derek Fakhiri dari Ralibhu sampai Waibu yang menjadi Tuan atas berbagai suku, ras dan agama yang hidup diatas tanah leluhur kamis dengan kesungguhan hati dan kesukarelaan menyatakan:

Pertama, kami Ondofolo sebagai Pemilik Alam, Hutan dan Manusia di atas Tanah Puyakha Phu Provinsi Papua: berada di garis terdepan dalam menentukan arah kemajuan Provinsi Papua, melalui satu proses demokrasi dengan memberi dukungan kepemimpinan Provinsi Papua, kepada sosok Anak Asli Papua yang visioner, berintegritas dan memiliki kemampuan dan visi, yang sejalan dengan gerakan pembaharuan masyarakat adat diatas Tanah Papua dan telah terbukti merangkul ribuan sumber daya manusia asli Papua untuk direkrut jadi prajurit kepolisian republik Indonesia.

Kedua, kami Ondofolo sebagai Pemilik Alam, Hutan dan Manusia di atas tanah Puyakha Phu Provinsi Papua yang dijadikan Ibukota Provinsi Papua dan Pusat Peradaban Orang Papua, mendukung tegaknya Pancasila sebagai Pilar Kebangsaan, serta mendukung lahirnya kepemimpinan daerah yang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Tanah Papua dan menjadikan Provinsi Papua menjadi negeri yang Adil, Makmur, dan Sejahtera.

Ketiga, kami Ondofolo sebagai Pemilik Alam, Hutan dan Manusia di atas tanah Puyakha Phu Provinsi Papua, dengan ini menyatakan Mendukung saudara Mathius Derek Fakhiri, Sebagai Calon Gubernur Provinsi Papua Masa Bhakti 2024 - 2029.

Demikian Naskah Deklarasi ini kami sampaikan, sebagai maklumat politik kami Masyarakat Adat di Negeri Phuyakha Bhu Tanah Tabi Provinsi Papua, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya, kami Relawan Gerakan Masyarakat Adat bersama Bapak Mathius Derek Fakhiri akan menggalang segenap rakyat di Provinsi Papua untuk memenangkan Mathius Derek Fakhiri sebagai Gubernur Provinsi Papua.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut