get app
inews
Aa Read Next : Bank Indonesia Gelar PQN, Perluas Penggunaan QRIS di Papua

Bulog Siaga Merdeka Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi dan Penyediaan Komoditas Pangan Strategis

Senin, 19 Agustus 2024 | 19:48 WIB
header img
Penyaluran pangan murah melalui kegiatan ‘Bulog Siaga Merdeka’ atau Aksi Amankan Harga Pangan. (Foto : Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Perum Bulog Kanwil Papua yang membawahi 10 kantor cabang telah melaksanakan penyaluran pangan murah melalui kegiatan ‘Bulog Siaga Merdeka’ atau Aksi Amankan Harga Pangan yang bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Tanah Papua pada Sabtu (17/08/2024).

Bulog Siaga Merdeka dilaksanakan di enam titik yaitu di Merauke, Wamena, Nabire, Manokwari, Sorong dan Jayapura (Kantor Wilayah).

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Papua, Ahmad Mustari mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, Bulog melakukan penjualan beras SPHP sebanyak 6.965 Kilogram, beras komersil 1.065 Kilogram, minyak goreng 950 liter, tepung terigu 300 Kilogram dan gula pasir 750 Kilogram.

“Bulog Siaga merupakan upaya kita untuk pengendalian inflasi dan penyediaan komoditas pangan strategis bagi masyarakat,” kata Mustari di Jayapura, Senin (19/8/2024).

Berkolaborasi dengan berbagai instansi dalam pengendalian inflasi juga dilakukan Perum Bulog. Baru-baru ini, Perusahaan umum badan urusan logistik ini telah bekerjasama dengan Bank Indonesia melaksanakan ‘Bulog Siaga’ di Provinsi Papua Tengah.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Faturachman mengatakan, untuk mendukung upaya pengendalian inflasi di Provinsi Papua Tengah menuju rentang kisaran sasaran nasional yakni 2,5 plus 1 persen, Bank Indonesia bersinergi dengan Bulog melalui program Bulog Siaga dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

“Kegiatan tersebut dilakukan dengan menyediakan komoditas pangan strategis di Timika, Kabupaten  Mimika, Provinsi Papua Tengah yang telah berlangsung pada 12 hingga 14 Agustus 2024,” kata Faturachman.

Tidak hanya sebagai salah satu upaya untuk pengendalian inflasi dan penyediaan komoditas pangan strategis bagi masyarakat, Bulog Siaga juga berupaya untuk memperluas transaksi menggunakan QRIS. Hal ini dilakukan dengan pemberian insentif berupa 1 liter minyak goreng dengan kuota tertentu untuk setiap transaksi menggunakan QRIS.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut