get app
inews
Aa Read Next : Awasi Pilkada 2024, Bawaslu Yapen Buka Pendaftaran Pengawas TPS

Hari Pertama Pendaftaran Belum Ada Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Yang Daftar di KPU Papua

Rabu, 28 Agustus 2024 | 06:35 WIB
header img
Ketua KPU Papua, Steve Dumbon (Tengah) saat memberikan keterangan pers di media center KPU Papua. (Foto : Fredy Nuboba)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Hari pertama pembukaan pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, belum ada satu pasangan calon (Paslon) yang datang mendaftar di Kantor KPU Provinsi Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Papua, Steve Dumbon kepada awak media,di Ruangan media center KPU Provinsi Papua, Selasa (27/08/2024).

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon menjelaskan sesuai dengan keputusan PKPU pendaftaran dilakukan selama 3 hari yakni dari tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024.

“Persiapan hari pertama, pagi tadi kami mulai dengan pembukaan pleno pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua. Kami pihak KPU sudah bersiap untuk menerima pendaftaran, sekitar pukul 09:00 waktu papua,namun sampai dengan pukul 16.00 batas waktu pendaftaran belum ada satu pun pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang datang untuk mendaftar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, steve sampaikan meski tidak ada pasangan calon yang mendaftar, namun ada Liaison officer (LO) dari Calon Gubernur Papua, Matius D. Fakhiri (MDF) yang sejak kemarin telah datang mengambil Sistem Informasi Pencalonan (SILON) untuk mendaftar dan mengupload dokumen syarat calon.

“Akun SILON kami sudah berikan, dan sekalian kami berikan Bimtek cara mengupload dokumen persyaratan ke akun tersebut,” terangnya.

Sementara untuk calon yang lain belum ada informasi. Tetapi kami tetap siap menunggu kedatangan dari para Paslon gubernur dan wakil gubernur.

Kata Steve, besok pagi pihaknya akan kembali buka untuk menerima pendaftaran mulai pukul 8.00 pagi hingga pukul 16.00 WIT.

“Kami sudah meminta partai pedukung untuk satu hari sebelum mendaftar harus menyurat ke KPU Provinsi Papua terkait kapan mendaftar, dengan jumlah kuota yang mendampingi serta jumlah kendaraan yang akan mengikuti acara pendaftaran ini ,” lanjutnya.

Selain itu sampai saat ini kami juga belum pastikan paslon siapa yang akan datang, karena sampai detik ini Partai Pengusung maupun tim sukses dari masing – masing Paslon belum menyurat kepada kami.

“Untuk itu kami menghimbau kepada Partai Pengusung maupun tim sukses dari Paslon untuk segera membalas surat kami, kami sudah menyurat kepada partai pengusung satu hari sebelum mendaftar tim sukses atau partai pengusungnya menyurat ke KPU kapan paslonnya daftar,” tegasnya. 

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut