get app
inews
Aa Read Next : Mari-Yo Resmikan Posko Baramuda Solata, Militansi Pemuda Toraja Jangan Diragukan

Diantar Ribuan Pendukung Pasangan Peniel Waker dan Saulinus Murib Daftar Pertama di KPU Puncak

Kamis, 29 Agustus 2024 | 17:10 WIB
header img
Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Puncak periode 2024-2029 Peniel Waker dan Saulinus Murib saat diarak-arakan masa pendukung dan mendaftarkan ke KPUD Kabupaten Puncak. (Foto : Cornelia Mudumi)

PUNCAK, iNewsJayapura.id - Ribuan Pendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Puncak periode 2024-2029 Peniel Waker dan Saulinus Murib atau yang singkat PAS, mendeklarasikan diri, sekalian mereka mendaftarkan diri ke KPUD Kabupaten Puncak, sebagai konstentan pemilukada Kabupaten Puncak, berlansung di KPUD Puncak, Ilaga, Rabu (28/08/2024).

Sebelumnya, Pasangan ini tiba di Kabupaten di Bandara Aminggaru, menggunakan pesawat grand karavan, disambut oleh pendukungnya dengan tarian adat, pengalungan mahkota dan noken sebagai simbul, masyarakat pendukung, memberikan kepercayaan kepada keduanya untuk membangun kabupaten Puncak, ke arah yang lebih baik lagi. Bahkan untuk penyambutan kedua pasangan.

Pasangan PAS (Peniel Waker dan saulinus Murib) diusung partai Perindo, Ummat, PSI, Gelora dan PPP, dengan tujuh kursi di DPRD Puncak, mereka diarak-arakan dari bandara menuju posko pemenangan, setelah mendeklarasikan diri, rombongan kemudian menuju ke tempat pendaftaran di KPUD Puncak, dengan konfoy yang begitu panjang,dengan tarian dan tradisi adat masyarakat Puncak.

Bakal Calon Bupati Puncak Peniel Waker dalam wawancaranya mengatakan keduanya mencalongkan diri maju sebagai kandidat calon Bupati Puncak, karena masyarakat sendiri yang datang dan meminta, karena melihat kinerjanya selama ini, yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat Puncak, dalam keadaaan senang maupun susah, sehingga bersama tim mereka ke Jakarta, dan berjuang, akhirnya atas doa dari masyarakat Puncak, lima partai dengan tujuh kursi, sudah berada di tangan mereka,dan semua rekomendasi dari Parpol adalah sah dan dikeluarkan oleh ketua umum masing-masing parpol pendukung.

“Partai yang mendukung kami ini rata-rata partai baru, itu artinya saya punya pendukung partai juga baru,menujukan kami ingin mengubah Kabupaten Puncak ini menjadi baru dari sisi pembangunan, ini penting karena banyak bahasa yang  bilang kami orang baru,” ungkapnya.

“Kami memiliki visi dan Misi, yaitu Puncak bersatu, artinya Puncak bersatu membangun rumah bersama,ketika kami terpilih kami tidak akan pilah-pilah antara suku ini, ras ini, kami hadir untuk mempersatukan suku,bahasa, membangun honay bersama ini, yang didalamnya kami programkan untuk membangun Kabupaten Puncak lebih baru dan lebih baik,” tukasnya.

“Satu hal yang saya mau sampaikan, dimana siapapun yang maju sebagai calon Bupati dan wakil Bupati Puncak, adalah putra-putra terbaik Puncak, sehingga kami harus bersama-sama menjaga Kabupaten Puncak ini,agar jangan karena politik, akan ada masalah, semua punya kepentingan yang sama adalah membangun daerah Puncak,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kuasa Hukum dari pasangan PAS Samuel Takndare menyampaikan terimah kasih kepada pihak KPUD maupun kelima parpol pendukung dan masyarakat pendukung, dimana, Pasangan pas sudah mengikuti prosedur dan sudah memdaftarkan sesuai formulir, baik secara fisik dan online sudah dilengkapi,tinggal pemeriksaan kesehatan dan penetapan dari KPUD Puncak, calon Bupati dan Wakil Bupati.

Sementara itu, Ketua KPUD Puncak, Natalis Tabuni menjelaskan dalam tahapan ini,pasangan Peniel Waker dan saulinus Murib,merupakan pasangan yang pertama kali mendaftarkan diri ke KPUD Kabupaten Puncak, masih ada lagi tiga pasangan yang direncanakan mendaftarkan diri, yaitu pasangan Elvis Tabuni,dan Pelinus Balinal serta pasangan Alus UK Murib.

“Kami akan buka pendaftaran sampai besok Kamis, 29 Agustus,pukul jam 23.59 WIT, kemudian pendaftaran akan diturtup,itu berlaku seluruh Indonesia,” jelasnya.

Setelah pendaftaran, KPUD akan melakukan penelitian persyaratan calon hingga 21 September, selanjutnya tanggal 22 September akan ada penetapan calon Kandidat Bupati dan wakil Bupati Puncak,yang akan masuk dalam bursa pemilukada 2024

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut