get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Maulid Nabi Jelang Pilkada Papua, Mari-Yo: Berpesan Tetap Jaga Toleransi Beragama

Jelang Pilkada, Matius Fakhiri Ziarah ke Makam Ondofolo & Penginjil di Kampung Ifar Besar Sentani

Rabu, 18 September 2024 | 19:26 WIB
header img
Bakal Calon Gubernur Papua, Matius Fakhiri saat melakukan ziarah ke makam leluhur para Ondofolo Ifar Besar. (Foto : Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Bakal Calon Gubernur Papua, Matius Fakhiri melakukan ziarah ke makam leluhur para Ondofolo Ifar Besar dan juga makam penginjil Daud Pekade di kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (17/09/2024) pagi.

Dengan menggunakan Kapal Motor Emfote dan Itaufili, Cagub Matius Fakhiri dan rombongan bergerak dari dermaga Khalkote menuju pulau yang ada di tengah danau Sentani untuk melakukan Ziarah.

Fakhiri didampingi Ondofolo dan Hoselo Ifar Besar serta Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura diantaranya Calon Bupati, Jhon Ormuseray, dr.Jhon Manangsang dan Ted Mokay.

Usai melakukan ziarah, Fakhiri dan rombongan menghadiri acara Temu Sapa bersama Masyarakat Adat Tanah Tabi dan Nusantara, yang digelar di Jembatan Kuning, Kampung Ifar Besar.

Dalam acara ini tampak hadir, sesepuh, senior politik asal Bumi Khenambay Umbay, Jhon Ibo mantan Ketua DPR Papua dan Yusuf Wally mantan Bupati Keerom.

Matius Fakhiri yang ditemui wartawan usai acara temu sapa mengatakan, kegiatan ziarah dan mengunjungi situs sejarah injil masuk di tanah Papua khususnya di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura ini, memang sudah diniatkan sejak awal oleh dirinya, saat pertama kali menyatakan diri untuk maju sebagai Calon Gubernur Provinsi Papua.

Sebelumnya, Matius Fakhiri bersama Aryoko Rumaropen (calon wakil Gubernur) juga telah melakukan ziarah dan mengunjungi situs bersejarah di Kampung Enggros - Tobati Kota Jayapura sepekan lalu.

"Ini masuk daerah wilayah Ifar Besar, saya ditemani Ondofolo Ifar Besar, Willem Yoku untuk kita datang berziarah ke makam Ondofolo dan juga mengunjungi situs bersejarah masuknya injil pertama kali di wilayah Ifar besar yang ada di pulau Ejau," ujarnya.

"Mudah mudahan Tuhan meridhoi, melapangkan niat saya, melancarkan semua usaha yang telah dilakukan oleh para pendukung saya, untuk saya maju jadi pemimpin di Provinsi Papua, itulah tujuan saya hadir disini," ucapnya.

Menurut Matius, masyarakat Ifar Besar juga merupakan bagian dari keluarganya.

"Anak saya kawin dengan marga Yoku. Jadi sebenarnya saya kembali ke tengah-tengah keluarga besar saya. Sehingga saya berharap ini jangan jadi buah bibir," terangnya.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut