Mengenang Pertempuran Laut Aru, Danlantamal X Ajak Forkopimda Papua Tabur Bunga di Laut

Fredy Nuboba
Danlantamal X, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono yang bertindak sebagai Komandan Upacara. Foto: Istimewa

Menilik kebelakang sejarah Hari Darma Samudra pada hakekatnya merupakan wujud penghormatan epada para Pahlawan, Pejuang dan Tokoh TNI Angkatan Laut yang telah Mendarma Bhaktikan Jiwa Raganya untuk Kejayaan Bangsa dan Negara.

Dalam berbagai peristiwa pertempuran Laut yang terjadi sejak Negara Kesatuan Republik Indonesia Diproklamasikan telah terjadi peristiwa-peristiwa pertempuran laut yang sangat heroik.

 Pada Tanggal 15 Januari 1962 Di Laut Aru, tiga Mtb yaitu RI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang, dan KRI Harimau, menjalankan misi infiltrasi Mendaratkan pasukan Angkatan Darat di pantai sebelah selatan Fak-Fak, Irian Barat.

Kehadiran mereka diketahui musuh, tiga Kapal Kombatan Belanda masing-masing Hrms Evertsen, Hrms Kortenaer, dan Hrms Utercht yang didukung pesawat neptune mengepung dan membuka serangan udara dengan menembakan flare dan roket terhadap tiga Mtb ALRI.

Karena misi sudah diketahui musuh, sesuai dengan rencana operasi kapal - kapal ALRI melakukan gerakan menjauh dari posisi lawan namun mereka  sudah dalam jarak tembak musuh.

Editor : Damn

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network