5 Kabupaten Telah Selesaikan Pleno Tingkat Provinsi Papua Pegunungan

Darul Muttaqin, Fredy Nuboba
Penyerahan berita acara hasil penghitungan suara Pemilu 2024 kepada Ketua KPU Papua Pegunungan dari KPU Nduga. Foto : Darul Muttaqin/Fredy Nuboba.

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id – Lima dari delapan kabupaten telah menyelesaikan rapat pleno penetapan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Papua Pegunungan hingga Sabtu (16/3/2024).

Lima kabupaten tersebut yaitu, Mamberamo Tengah, Yalimo, Pegunungan Bintang, Yahukimo dan Nduga. Tersisa tiga kabupaten yang belum merampungkan rekapitulasi, yaitu Jayawijaya, Tolikara dan Lanny Jaya.

Kabupaten Yahukimo dan Nduga telah merampungkan rekapitulasi di hari yang sama. Rapat pleno rekapitulasi kedua kabupaten tersebut pada Sabtu berjalan cukup alot.

Rapat pleno kedua kabupaten tersebut sedianya digelar pada Jumat (15/3/2024), namun ketidaksiapan KPU Yahukimo dan Nduga, sehingga KPU Provinsi Papua Pegunungan menjadwalkan ulang.


Suasana rapat pleno penetapan perolehan suara tingkat Provinsi Papua Pegunungan untuk Kabupaten Yahukimo. Foto : Darul Muttaqin/Fredy Nuboba
 

Meski berjalan alot, pleno rekapitulasi kedua kabupaten tersebut berlangsung lancar dan tanpa gangguan keamanan meski massa pendukung telah memadati tempat pelaksanaan pleno di Hotel Grand Sartika Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, KPU Papua Pegunungan telah menjadwalkan pleno rekapitulasi untuk Kabupaten Lanny Jaya pada Minggu (17/3/2024).

Ketua KPU Provinsi Papua Pegunungan, Daniel Jingga berharap rapat pleno penghitungan suara berjalan sesuai harapan.

"Pleno untuk Kabupaten Lanny Jaya dilaksanakan di Hotel Baliem Pilamo Wamena, sementara Kabupaten Jayawijaya dan Tolikara belum mengkonfirmasi kesiapan mereka melaksanakan pleno. Khusus Tolikara tingkat kabupaten dilaksanakan di Jayapura lantaran faktor keamanan, terjadi gesekan antar pendukung peserta Pemilu," jelas Daniel.

Editor : Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network