Melestarikan Kearifan Lokal, Bank Indonesia Bawa Kopi Papua Mendunia di World of Coffee Copenhagen

Darul Muttaqin
KPw BI Papua bersama dengan Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI) dan Rotaryana menginisiasi sensory bootcamp. (Foto: Darul Muttaqin)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Sebagai upaya pengembangan Kopi Papua sebagai salah satu sektor ekonomi kreatif potensial dalam mendukung sumber pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Papua, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua bersama Koperasi Produsen Emas Hijau Papua akan mengikuti kegiatan showcasing dan business matching pada World of Coffee di Copenhagen tanggal 27-29 Juni 2024 sebagai salah satu rangkaian kegiatan Festival Kopi Papua yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2024.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua, Faturrachman mengatakan bahwa, Kopi Papua saat ini mendapat perhatian dan apresiasi tinggi di dunia internasional. Keunikan dan keunggulan Kopi Papua tidak hanya terletak pada cita rasanya yang khas, tetapi juga pada proses budidayanya yang melestarikan kearifan lokal.

“Kopi yang dimulai dari pembukaan lahan kopi di Papua yang melibatkan seluruh masyarakat kampung melalui prinsip gotong royong, menciptakan kebersamaan dan kepemilikan bersama,” Kata Faturrachman, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Jumat (21/06/2024).

Dilanjutkan dengan pengolahan lahan yang mengikuti aturan budaya turun-temurun dengan menggunakan bahan-bahan organik, sehingga menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan lingkungan.

Perawatan dan proses panen pun dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti, di mana setiap cherry dipilih berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) yang ketat untuk menjamin kualitas terbaik. Setelah panen, metode proses full wash digunakan untuk menghasilkan konsistensi rasa yang khas dan berkualitas.

Editor : Darul Muttaqin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network