get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Papsel Lepas Kontingen PON Menuju Aceh - Sumatra Utara, Ada 30 Atlet dan 73 Official

Beredar Isu Penculikan Anak, Bhabinkamtibmas Kelurahan Wagom Imbau Warga Tidak Percaya Hoax

Rabu, 25 Januari 2023 | 18:47 WIB
header img
Aipda Harmanto saat menjelaskan kepada warga Pasar ikan Tanjung Wagom, Fak-Fak terkait imbauan penculikan anak. Foto : Istimewa

FAK-FAK, iNewsJayapura - Kepolisian Resor Fak-Fak melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Wagom, Aipda Harmanto, memberikan imbauan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), di Pasar Ikan Tanjung Wagom Fakfak, Rabu (25/1/23) pukul 10.30 WIT.

Terkaitan dengan banyaknya informasi tentang penculikan anak yang beredar belakangan ini, untuk diketahui, salahsatu fungsi Bhabinkamtibmas adalah membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas guna meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

Imbauannya yaitu :

-             Masyarakat tidak perlu takut atau resah berlebihan, tingkatkan pengawasan lingkungan dan mengaktifkan Siskamling,

-             Jangan mudah percaya sebelum mengetahui fakta/kebenarannya,

-             Berikan pemahaman kepada Anak agar tidak mudah terpengaruh kepada orang yang belum dikenal,

-             Mengawasi Anak apabila berada di luar rumah, serta tidak menggunakan barang mewah dan mencolok,

-             Ingatkan anak agar tidak terpisah dari Orang Tua/Wali/Guru, ajari anak jika menunggu jemputan agar tetap berada di pekarangan sekolah,

-             Apabila ada orang yang mencurigakan, agar melapor pada kepolisian terdekat, tidak main hakim sendiri, karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Aipda Harmanto mengatakan kepada pengunjung dan pedagang pasar untuk selalu waspada dan tidak gampang percaya berita Hoax.

“Imbauan ini bertujuan agar masyarakat Kabupaten Fak-fak tetap tenang dan tidak mudah percaya serta tidak terprovokasi terhadap isu penculikan anak yang beredar. Namun, kami juga mengharapkan kepada para orang tua agar tetap menjaga anak-anaknya terutama pada saat bermain ataupun berada di luar”.ujarnya.

Untuk warga yang berdomisili di Kelurahan Wagom, jika menemukan atau melihat adanya orang yang mencurigakan atau warga baru di sekitarnya, agar dilaporkan kepada aparat dan tidak main hakim sendiri. Tujuannya supaya situasi Kamtibmas di Kabupaten Fakfak tetap terpelihara dengan baik, serta aman dan kondusif.                

Editor : Herawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut