get app
inews
Aa Read Next : Partai PPP Daftarkan 28 Bacaleg Ke KPU Papua Selatan, Dengan Target 5 Dapil Masing - Masing 1 Kursi

PPK Mamteng Serap Materi Pembekalan Teknis Pengawasan Coklit

Selasa, 07 Februari 2023 | 19:28 WIB
header img
Panitia Pengawas Kelurahan/Kampung (PPK) Distrik Mamberamo tengah mengikuti Bimtek Pengisian AKP dan Sosialisasi PKPU Nomor 27 tahun 2023 usai Pelantikan. Foto : George Wersay/iNewsJayapura.

MAMTENG, iNewsJayapura.id - Guna memaksimalkan fungsi pengawasan di tingkat kampung jelang Pemilukada serentak 2024, sebanyak 11 Panitia Pengawas Kampung (PPK) se-Distrik Mamberamo Tengah mendapat pembekalan teknis pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).

Materi mengenai tata cara pengisian Alat Kerja Pengawasan (AKP) dan sosialisasi peraturan KPU nomor 27 tahun 2023 tentang pedoman teknis penyusunan daftar pemilih dalam negeri pada penyelenggaraan pemilihan umum.

Pembekalan materi untuk panitia pengawas kampung diadakan di Aula Kantor Distrik Kasonaweja, Mamberamo Tengah, senin (6/2/23).

Saat ditemui awak media iNewsJayapura.id sebelum memberikan materi kepada peserta bimtek, Mettu Salack Kowi, selaku Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat mengatakan bahwa  teknis pengisian alat kerja pengawasan dan sosialisasi merupakan mekanisme kerja yang harus di pahami secara baik oleh Pengawas Kampung, sebelum melaksanakan pengawasan Pencoklitan atau petugas Pantarlih Pemilu 2024, yang bekerja mulai 12 Februari 2023 mendatang.

"Sesuai dengan tahapan kami di Bawaslu, kami baru saja melaksanakan Pelantikan Panitia Pengawas Tingkat Kampung  namun sebelumnya mereka turun ke lapangan untuk melaksanakan tugas, kami juga perlu membekali mereka dengan Bimtek agar nantinya di lapangan mereka dapat menjalan tugas pengawasannya secara maksimal." Tandas Mettu.

Mettu sendiri mengakui bahwa  waktu sehari untuk penyerapan materi pasti belum maksimal namun dirinya berharap kepada pengawas di tingkat kampung untuk selalu melakukan koordinasi Panwaslu Distrik maupun Bawaslu.

"Tentunya bimtek yang kami berikan dalam waktu singkat ini pasti belum maksimal di serap oleh teman-teman pengawas kampung oleh karena itu, kami berharap kepada teman-teman pengawas apabila nantinya ada hal-hal yang belum dipahami dapat berkoordinasi dengan Panwaslu Distrik atau langsung ke kami (Bawaslu),” jelasnya

Perlu diketahui pada hari yang sama sebelum mengikuti Bimtek 11 Panitia Pengawas Kampung telah dilantik dan diambil sumpah janji oleh Panitia Pengawas Distrik (Pandis) Mamberamo tengah.

Editor : Herawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut