get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Adat Papua Barat Apresiasi Pemilu Berlangsung Damai

Suara Golkar Kokoh dalam Pileg 2024 di Teluk Bintuni

Selasa, 12 Maret 2024 | 10:19 WIB
header img
Ketua DPD Partai Golkar Teluk Bintuni, Yohanis Manibuy (kedua dari kanan). Foto : Adrian Kairupan

TELUK BINTUNI, iNewsJayapura.id  - Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik di tingkat Provinsi Papua Barat, dan tingkat Kabupaten secara khusus di Teluk Bintuni telah menetapkan perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 baik tingkat DPRD Provinsi, DPR RI maupun DPD RI.

Teranyar, suara partai Partai Golkar pada Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Papua Barat, meliputi wilayah Kabupaten Teluk Bintuni meraih meraih perolehan suara terbanyak.

Seperti diketahui, Dapil 3 Papua Barat Kabupaten Teluk Bintuni mempunyai alokasi jumlah 5 kursi. Perolehan suara Partai Golkar dan suara caleg memimpin dengan jumlah 11.971 suara. Disusul PDI-P pada posisi kedua sebanyak 5.279, lalu PPP sebanyak 4.974 suara. Sementara partai Perindo sebanyak 4.761 dan partai NasDem sebanyak 4.459 suara.

Suara perolehan caleg, dipimpin kader Partai Golkar, Erwin Beddu Nawawi, dengan jumlah perolehan suara 7.158. Kemudian, H. Asri dari PPP sebanyak 3. 198 suara, Musa Naa dari partai Perindo 2.822 suara, Roberth Manibuy dari PDIP sebanyak 2.603 suara, dan Syamsudin Segnun partai NasDem 2.208 suara suara.

Sementara, suara kemenangan Golkar pada perebutan perolehan suara ditingkat Kabupaten juga telah disahkan pada rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Teluk Bintuni, Muh. M.Memed Alfajri yang dihadiri Bawaslu dan Partai Politik peserta Pemilu, pada Sabtu (9/3/2024).

Hingga berlanjut pada pleno tingkat KPU Provinsi Papua Barat, juga kian mengkokohkan perolehan suara partai berlambang beringin itu. Dimana partai Golkar meraih suara sebanyak 8.435, dengan berhasil 4 caleg dari setiap keterwakilan dapil yang ada.

Keluar sebagai peraih suara terbanyak sehingga dipastikan, para kader Golkar akan menjabat sebagai Ketua DPRD Teluk Bintuni periode 2024 – 2029, dan Partai Golkar dari akumulasi total 20 kursi DPRD, telah mencukupi jumlah suara untuk mengusung calon kepala daerah pada pemilihan Bupati - Wakil Bupati nantinya.

Posisi kedua PPP meraih total suara 7.141, dengan 4 calegnya. Kemudian disusul partai NasDem pada posisi ketiga, jumlah suara 5.875, dengan 4 calegnya.

Ketua DPD Partai Golkar Teluk Bintuni, Yohanis Manibuy kepada sejumlah awak media dalam wawancaranya mengatakan, bahwa kemenangan Partai Golkar di Pemilu 2024 adalah bentuk amanah dan kepercayaan dari rakyat.

Anisto (sapaan akrab,red) menuturkan bahwa perolehan empat kursi ditingkat DPRD Kabupaten dan 1 Kursi ditingkat keterwakilan Provinsi ini merupakan amanah dari seluruh rakyat. Dia menegaskan, caleg terpilih dari partai berlambang pohon beringin akan menjaga amanah dan harapan dari masyarakat ini.

Dia menuturkan bahwa hasil ini juga turut menambah kepercayaan dirinya, untuk semakin mantap menatap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Teluk Bintuni pada November 2024 nanti.

"Saya ketua DPD Partai Golkar Teluk Bintuni menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Teluk Bintuni yang sudah mendukung partai Golkar sehingga keluar sebagai pemenang. Baik dalam perolehan suara di kursi DPR-RI, bahkan secara khusus untuk tingkat Provinsi kita unggul, dan ditingkat DPRD kabupaten dengan perolehan 4 kursi. Dengan kemenangan ini, lebih memantapkan partai Golkar menatap Pilkada bulan November 2024 mendatang," ujarnya.

Anisto mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, agar melalui hasil pileg ini, kader - kader terbaik untuk menjadi pemimpin pemerintahan di daerah yang dikenal kaya akan sumber daya alam (SDA) ini.

"Maka saya berharap masyarakat jangan sampai salah memilih figur yang akan memimpin Kabupaten Teluk Bintuni lima tahun kedepan. Saya sendiri Yohanis Manibuy (Anisto) siap maju dalam perhelatan emilukada ini," ucapnya.

Berikut nama legislatif yang terpilih di DPRD Kabupaten Teluk Bintuni periode 2024 – 2029, berdasarkan Daerah Pemilihan (Dapil) :

Dapil Teluk Bintuni I dengan Jumlah kursi 11 :

1. Sugandi (Golkar) total suara 1.041
2. Yasman Yasir (PPP) total suara 2.040
3. Roland Kasihiw (PDI-P) total suara 1.430
4. Nasarius Iba (Nasdem) total suara 808
5. Yohanis Pongtuluran (Perindo) total suara 1.435
6. Arius Kemon (Golkar) total suara 1.039
7. Rizalid Sarba (Gerindra) total suara 380
8. Wagiman (PPP) total suara 1.132
9. Ma’dika (PDI-P) total suara 1.252
10. Simon Dowansiba (Nasdem) total suara 745
11. Daniel Dudung (Perindo) total suara 746

Dapil Teluk Bintuni II, Jumlah kursi 5 :

1. Romilus Tatuta (Nasdem) total suara 1.369
2. Muhammad Tiakoly (Golkar) total suara 1.098
3. Hans Tatiorim (PPP) total suara 974
4. Roy Masyewi (PAN) total suara 317
5. Andreas Nauri (Nasdem) total suara 787

 Dapil Teluk Bintuni III jumlah kursi 4 :

1. Anthon Asmorom (Perindo) total suara 1.007
2. Mudasri Brawery (PPP) total suara 738
3. Ayor Kosepa (Golkar) total suara 625
4. Yosina Rumkabu (PKS) total suara 731

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut