get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Pemuda Minta KPU Lebih Selektif dengan Memperhatikan Tanggapan Masyarakat

Koalisi 8 Jajaki Hermus Indou dan Usung Pendamping Cawakada dalam Pilkada Manokwari 2024

Rabu, 24 April 2024 | 20:17 WIB
header img
Hermus Indou saat di Wawancarai. (Foto: Adrian Kairupan)

Kriteria Calon Wakil Kepala Daerah / Calon Wakil Bupati versi Hermus Indou :

Hermus Indou kesempatan itu juga memaparkan kriteria Kandidat Cawakada / Cawabup yang sekiranya bisa berdampingan dengannya nanti.

Tak lain, adalah wajib berintegritas yang dapat menjadi pertimbangan, seeta mempunyai rekam jejak yang baik mendukung antikorupsi, serta memenuhi aspek keberagamaan kenusantaraan.

"Tentu yang pertama, adalah memiliki aspek keberagamaan dan kemajemukan adalah hal yang pertama. Sebab Manokwari ini sudah menjadi tempat yang didiami banyak suku - suku Papua dan Nusantara dan bukan saja suku besar Arfak, sehingga tentu harus memahami baik aspek keberagamaan ini. Sehingga saya butuh cawabup yang bisa mencerminkan kemajemukan yang ada di Kabupaten Manokwari,"Ucap Hermus Indou, yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Manokwari.

Kemudian sosok Cawabup yang pantas mendampingi Hermus Indou adalah sosok yang tentu dapat diterima secara luas dikalangan Masyarakat di Wilayah Manokwari kemudian diterima pencalonannya oleh rakyat.

"Jadi nanti kita tetap akan ada mekanisme survei bara bakal calon wakil bupati yang akan diusung bersama - sama dengan saya. Selain itu, mendapat dukungan dari partai - partai sebagai kendaraan politik juga wajib. Sehingga seperti contoh pada sejumlah partai yang telah datang kesaya dan telah menyodorkan calon wakil bupati usulan mereka kepada saya yang mana juga merupakan Ketua salah satu Parpol di tingkat Provinsi,"Jelasnya

"Jadi calon - calon wakil bupati yang telah diusung baik dari Parpol dan lapisan kelompok Masyarakat, tentu secara komunikasi politik saya terima dan ditampung untuk nanti diseleksi atau digodok lagi dulu sembari memperhatikan hasil survei dan tanggapan publik (Masyarakat),"Terangnya menambahkan.

Hermus juga mengharapkan calon wakil bupati yang energik, muda dan memiliki perspektif kenusantaraan tetapi juga mampu membangun sistem pluralisme moderat dan menerima perbedaan itu sebagai bentuk membangun persatuan dan kesatuan. Bukan sebaliknya, menciptakan konflik dan kegaduhan.

"Karena bagi saya itu penting dalam membangun Manokwari dengan penuh cinta dan damai,"Paparnya

Selain itu, dari segi pendidikan dan wawasan kebangsaannya baik. Selain paham akan jalannya proses birokrasi di tata pemerintahan, serta visi - misi membangun Manokwari sebagai ibukota Provinsi Papua Barat, serta juga memiliki pemahanan mumpuni di bidang organisasi dan kemasyarakatan.

"Ini tentu menjadi pertimbangan dalam merekrut figur calon wakil bupati (cawabup) yang akan mendampingi saya nanti,"Harap Hermus Indou.

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut