get app
inews
Aa Read Next : Pinang Wakilnya Secara Adat, Piter - Yan Siap Daftar Calon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura

Koalisi 8 Jajaki Hermus Indou dan Usung Pendamping Cawakada dalam Pilkada Manokwari 2024

Rabu, 24 April 2024 | 20:17 WIB
header img
Hermus Indou saat di Wawancarai. (Foto: Adrian Kairupan)

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - Publik Papua Barat terus berupaya menentukan kekuatan calon kepala daerah Papua Barat ke depan, yang akan diperhitungkan dalam kontestasi bursa Calon Gubernur - Wakil Gubernur, Bupati - Calon Wakil Bupati Periode 2024 - 2029.

Demikian seperti yang dilakukan oleh sejumlah tim koalisi partai politik (parpol) non seat Provinsi Papua Barat, yang menamai dirinya 'Koalisi 8' terus berupaya cepat dan tepat melakukan proses penjajakan kepada sejumlah nama-nama tokoh yang dinilai potensial untuk diusung sebagai pasangan calon Gubernur - Wakil Gubernur, Bupati-wakil Bupati di seluruh wilayah Papua Barat, termasuk pada Pilkada Manokwari 2024.

Ketua Koalisi 8 dan juga selaku Ketua DPD Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) Papua Barat, Harton Tapilatu, saat dikonfirmasi iNews.id, selasa (23/4) membenarkan proses penjajakan para calon kandidat sebagai bentuk membangun silaturahmi komunikasi politik yang telah dilakukan pihaknya.

Menurutnya, bahwa langkah - langkah sikap politik yang telah dilakukan adalah membangun komunikasi antar-parpol yang sudah mulai dijalin untuk membangun koalisi, serta menjajaki para bakal calon kandidat untuk kemudian dapat berpasangan dan menjadi kandidat sah untuk nantinya diusung dalam perheletan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2024) serentak yang segara dimulai.

Pilkada yang terdiri dari Pemilihan Gubernur (Pilgub 2024) dan Pemilihan Bupati (Pilbup 2024) ini digelar serentak di beberapa daerah di Indonesia, membuat pihaknya siap memasuki berbagai tahapan. Proses itu dinilai patut disiapkan secara matang baik kepada persiapan mengusung calon maupun kesiapan partai politik dalam berkoalisi.

Adapun di Pilkada Manokwari, Harton Tapilatu menuturkan, pihaknya telah berupaya melakukan komunikasi dengan Bupati petahana, Hermus Indou. Selaku koordinator, Ketua Partai Garuda Papua Barat, Harton Tapilatu mengatakan, bahwa 8 Partai Politik (Parpol) non seat ditingkat provinsi tersebut terdiri dari, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Harton mengatakan, pihaknya bersama unsur pimpinan DPD / DPW Partai 'koalisi 8 ' telah melakukan silaturahmi dengan Bupati Petahana, Hermua Indou sebanyak dua kali.

Dimana dalam pembicaraan dan koordonasi politik yang terbangun, tim 'Koalisi 8' bahkan telah menyodorkan dokumen pasangan calon wakil kepala daerah (Cawakada) / Calon wakil bupati untuk sekiranya dapat berpasangan dengan Bupati Petahana, Hermus Indou untuk maju sebagai Cabup - Cawabup dalam pilkada Manokwari 2024.

"Kami koalisi 8 tingkat papua barat ini sudah terbentuk dan solid. Kami terdiri dari sekitar 8 partai. Ada Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura),"Ucap Harton Tapilatu.

Meski saat ini suasana jelang konstetasi politik pilkada Manokwari masih dinamis, namun pihaknya terus melakukan komunikasi dengan seluruh partai politik yang ada, hingga terus berupaya memperkuat mesin partai ke tingkat daerah 7 kabupaten se-Papua Barat.

Harton menuturkan, bahwa telah menjadi koalisi bersama partai non seat ini patut diperhitungkan. Dimana gabungan 8 parpol non seat ini memiliki jumlah sekitar 43.600 suara, hasil pemilu pileg 2024 di Papua Barat.

Dari jumlah suara rakyat tersebut, 8 partai koalisi meski tak ada kursi di tingkat DPRD Provinsi, namun pada momentum Pilkada serentak khususnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, mereka berkomitmen akan lebih bebas mengawal jalannya demokrasi secara terukur dengan baik.

"Sebab, walau kita tidak memiliki kursi di tingkat DPRD Papua Barat hasil Pemilu Pileg 2024, namun dibeberapa Kabupaten kita punya jumlah kursi. Seperti kami Partai Garuda di kabupaten pegaf punya 2 kursi, di Manokwari teman - teman koalisi dari partai Buruh, Hanura, dan PSI masing - Masing punya 1 kursi. Jadi bila digabungkan, punya kekuatan 3 kursi. Nah inilah yang menjadi masukan dan dasar bagi kita melakukan prosesi penjajakan bersama dan melihat kredibilitas para calon - calon kandidat bupati yang siap bertarung dalam pilkada Manokwari, sembari menyodorkan calon wakil bupati dari pihak kami,"Bebernya

Editor : Darul Mutaqim

Follow Berita iNews Jayapura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut