get app
inews
Aa Read Next : Berkas 2 Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan Dinyatakan Benar dan Lengkap

Percepat Pengembangan Merauke Jadi Lumbung Pangan, Mentan Maksimalkan Penggunaan Sistim Mekanisasi

Rabu, 29 Mei 2024 | 12:35 WIB
header img
Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman saat memaparkan luasan lahan pertanian di kampung Ngutibob, Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan. (Foto : Muh. Syahrir)

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman optimis dengan sistim mekanisasi atau modernisasi lahan pertanian di Merauke akan mempercepat pengembangan Merauke sebagai Lumbung Pangan Kawasan Timur Indonesia. Sebelumnya, dua hari lalu, 261 unit alat mesin pertanian (Alsintan) dari Surabaya telah tiba di pelabuhan laut Yos Sudarso Marauke, Papua Selatan menggunakan KRI Soeharso.

Pengiriman sejumlah alsintan tersebut ditunjukan untuk meningkatkan produksi dan perluasan areal tanam (PAT) sehingga pengembangan Merauke sebagai lumbung pangan khususnya padi dapat berjalan maksimal. Untuk tahap awal, kata Mentan Amran ada 40.000 hektar lahan di Kabupaten Merauke yang siap dioptimasi, angka ini akan terus dikembangkan hingga 1.000.000 hektar.

“Yang terpenting kita fokus menyelesaikan dulu 40.000 hektar, setelah itu berlanjut untuk program ini hingga 1.000.000 hektar, kita selesaikan dulu 40.000 hektar untuk tahap pertama” rinci Mentan Amran saat meninjau lokasi lahan dan tanam di Kp. Nggutibob Distrik Tanah Miring Kab. Merauke, Papua Selatan bersama Penasihat Khusus Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin, Rabu (29/05/2024).

Lebih lanjut ia menekankan pengembangan lahan pertanian di Merauke ini, akan dibangun secara maksimal melalui konsep modernisasi pertanian. Kedepan, konsep pertanian Merauke seperti ini akan menjadi percontohan untuk dikembangkan di sejumlah wilayah lainnya di Indonesia.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut