get app
inews
Aa Read Next : Polres Yahukimo Respon Peristiwa Pemembakan yang Dilakukan OTK dari Arah Pasar Lama

Longsor di Distrik Lolat, Yahukimo: 13 Kampung dan 3 Gereja Terdampak

Kamis, 20 Juni 2024 | 10:00 WIB
header img
Bencana longsor yang terjadi di Distrik Lolat Kabupaten Yahukimo. (Foto: Paul Karma)

YAHUKIMO, iNewsJayapura.idDistrik Lolat di Klasis Sengikma mengalami bencana alam berupa longsor yang berlangsung sejak Senin (11/062024) hingga Minggu (16/06/2024). Bencana ini menyebabkan kerusakan material yang signifikan, termasuk kerusakan kebun masyarakat di 13 kampung dan 3 gereja, serta empat jembatan.

Ketua Tim Peduli Posko Distrik Lolat, Yet Kobak saat mengonfirmasi bahwa longsor yang terjadi telah mengakibatkan kerusakan luas pada kebun masyarakat dan tanaman buah-buahan. Tiga gereja yang terdampak adalah Gereja Filipi Lolat, Gereja Epenesia Defesus Urah, dan Gereja Elroy Bunahak. Selain itu, empat jembatan yang terbawa arus kuat sungai Seng, Welalum, Welepsi, dan Hweneam, mengakibatkan masyarakat kesulitan menyeberang.

"Musibah longsor terjadi mulai Senin malam, 11 hingga 16 Juni 2024, yang mengakibatkan kerusakan material pada kebun masyarakat di 13 kampung, tanaman buah-buahan, 3 gereja, dan 4 jembatan," Ungkap Yet Kobak, Ketua Tim Peduli Posko Distrik Lolat.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, kerugian material meliputi kebun, tanaman buah merah, kandang babi, dan sebagian dari dua lapangan terbang di Lolat dan Uam yang tertimbun longsor. Hal ini menyebabkan pesawat tidak bisa mendarat karena timbunan longsor belum diangkat.

Sebanyak 13 kampung yang terdampak longsor adalah:Kampung Wanim, Kampung Lolat, Kampung Bunde, Kampung Dinggila, Kampung Esalek, Kampung Webile, Kampung Serahak, Kampung Denema, Kampung Yibuk, Kampung Sahi, Kampung Salbi, Kampung rim, Kampung Wirilu.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut