get app
inews
Aa Read Next : Jubir Aksi 7 Suku : Kami Tidak Ganggu Pesta Politik, Kami Dukung Kepentingan Bersama dan Negara

Usai Dilantik Ketum LPTQ Papua, Dewan Hakim MTQ ke-30 se Tanah Papua Ikuti Orientasi

Senin, 24 Juni 2024 | 13:25 WIB
header img
Ketua Umum LPTQ Provinsi Papua, H.M.B. Setyo Wahyudi saat melantik Dewan Hakim MTQ ke-30 tingkat Provinsi se-Tanah Papua. (Foto: Istimewa)

MIMIKA, iNewsJayapura.id - Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi se-Tanah Papua hendaknya melakukan penilaian sesuai ilmu masing-masing, dengan semangat profesionalitas, disiplin dan jujur dalam melaksanakan tugas. Ini adalah pesan Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Papua, H.M.B. Setyo Wahyudi pada pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-30 tingkat Provinsi se-Tanah Papua di Gedung Eme Neme Yauware, Timika, Papua Tengah, Minggu (23/06/2024).

Lebih lanjut dijelaskan Wahyudi bahwa MTQ tahun ini merupakan MTQ transisi, dimana MTQ ke-30 Tingkat Provinsi se-Tanah Papua di Kabupaten Mimika berada pada wilayah DOB (Daerah Otonomi Baru) yaitu Provinsi Papua Tengah. Para kafilah, lanjutnya, tentu juga berasal dari kabupaten dan kota dari Provinsi DOB baru diantaranya Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

“LPTQ Provinsi Papua telah berusaha membuat program terobosan diantaranya adalah pemberdayaan calon peserta yang berasal dari OAP (orang asli Papua). Kami telah melaksanakan bimtek/pembinaan dengan peserta khusus OAP untuk wilayah terdekat dari Jayapura”, terang Wahyudi.

Ketum LPTQ juga menjelaskan bahwa pada MTQ kali ini LPTQ akan menggunakan teknik penilaian perhakiman berbasis IT yang memadukan aplikasi munas.id gagasan LPTQ Kabupaten Mimika, dan Aplikasi e-MTQ yang dimiliki oleh LPTQ Nasional.

“Ini tentunya akan memberikan kemudahan para dewan hakim untuk meng-input nilai-nilai peserta. Harapan kita aplikasi ini dapat melancarkan tugas-tugas para dewan hakim dan memudahkan dalam mengontrol hasil penilaian,” harap Ketum LPTQ yang juga merupakan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Papua ini.

Setelah resmi dilantik, Dewan Hakim mengikuti pelatihan yang menghadirkan Hj. Umi Khusnul Khotimah. Ia merupakan pelatih tilawah dan tahfidz Al-Qur’an yang juga kerap menjadi dewan hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) juga Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadist (STQH) tingkat nasional.

Untuk diketahui pada struktur Dewan Hakim yang dilantik diantaranya Pengawas Eksternal H. Muhammad Darwis, Pengawas Internal H. Syamsuddin, Koordinator Dewan Hakim, H. Jalaludin Tiflen.

H. Sofwan Aljauhari sebagai Ketua Majelis merangkap anggota Bidang Tilawah, Dewan Hakim Tilawah dan Tartil, Muhammad Wahib sebagai Ketua Majelis merangkap anggota Dewan Hakim Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ), Arif Rofiki, sebagai Ketua Majelis merangkap anggota Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), H. Syaiful Muhyidin, sebagai Ketua Majelis merangkap anggota Dewan Hakim Musabawah Syarhil Qur’an (MSQ), H. Hamzah, sebagai Ketua Majelis merangkap Anggota Dewan Hakim Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ) dan Hasrudin Dute, sebagai Ketua Majelis merangkap anggota Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ). Masing-masing Ketua Majelis tersebut memiliki anggota Dewan Hakim beserta Sekretaris dan Panitera yang seluruhnya sama-sama dilantik.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut