get app
inews
Aa Read Next : TNI AL Lantamal X Jayapura Gelar Serangkaian Bhakti Sosial Memperingati HUT ke 79 TNI AL

Tumbuhkan Cinta Bahari dan Jaring Atlet Renang Papua, Lantamal X Gelar Lomba Renang Laut

Sabtu, 29 Juni 2024 | 15:16 WIB
header img
Lomba renang laut Danlantamal X Cup Swimming Oven Water tahun 2024. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) X Jayapura menggelar lomba renang laut Danlantamal X Cup Swimming Oven Water tahun 2024. Lomba renang laut ini merupakan sebuah event yang digelar untuk menumbuh kembangkan kecintaan Bahari Nusantara serta untuk menjaring altet Renang generasi muda Papua.

Para peserta lomba datang dari Jayapura, Kabupaten Sarmi, dari Merauke Papua Selatan dan Makasar Sulawesi Selatan sangat antusias mengikuti lomba renang Danlantamal X Cup Swimming Oven Water yang baru pertama digelar di Jayapura Papua.

Kegiatan lomba renang berlangsung di Teluk Jayapura depan kantor gubernur Papua, jalan Soa Sio Dok IIJayapura Papua, Sabtu (29/06/2024).

Lomba Renang Danlantamal X Cup Open Water Swimming (OWS) diikuti ratusan  perenang dari berbagai Club' renang dan daerah di Papua bahkan Papua Selatan serta Sulawesi Selatan.

Lomba renang yang dilaksanakan terbagi dari 2 katagori tanpa Pin dan Snorkle Jarak 500 meter untuk usia 13 tahun dan jarak 1000 meter untuk usia 14 -17 tahun, sedangkan  katagori 2  pakai Pin dan Snorkle jarak 1000 meter dengan usia 13 tahun  serta jarak 2000 meter untuk usia 14 -17 tahun.

Lomba renang dengan tangan serta beresiko tinggi ini di buka oleh Staf Ahli Gubernur Yan Piet Rawar mewakili Pj. Gubernur Papua dengan didampingi Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, bersama Forkopimda Papua.

Danlantamal X dalam sambutannya mengatakan pagi ini kita dapat hadir di tempat ini pada acara olahraga renang yang bertajuk Open Water Swimming Danlantamal X Cup tahun 2024 yang dilaksanakan di Teluk Jayapura.

Brigjen TNI Marinir Ludi menambahkan, penyelenggaraan open water swimming Danlantamal X cup ini, merupakan  bentuk  kepedulian TNI AL khususnya Lantamal X dalam upaya menumbuhkan  kecintaan  terhadap budaya MARITIM Nusantara, serta sebagai salah satu upaya mengkampanyekan budaya laut bersih, 

 " Karena laut   memiliki arti penting bagi kehidupan manusia yang menyimpan  potensi  kekayaan  alam sangat besar sehingga kita wajib  menjaga  kelestarian nya,." Kata Brigjen Ludi.

Disamping itu, lomba renang ini merupakan langkah nyata TNI-AL khususnya Lantamal X untuk memasyarakatkan olahraga renang bagi generasi muda dengan harapan dari perlombaan ini akan didapatkan atlet-atlet berprestasi dari wilayah Papua khususnya di Jayapura yang siap mengikuti perlombaan baik ditingkat nasional  maupun  internasional. 

Jumlah yang mengikuti event ini sebanyak 180 peserta yang terdiri dari peserta perorangan   dan beberapa Club   Swimming, baik dari Kota Jayapura, kabupaten Jayapura,  kabupaten Sarmi, Merauke  dan  Makassar.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut