get app
inews
Aa Read Next : Mari-Yo Resmikan Posko Baramuda Solata, Militansi Pemuda Toraja Jangan Diragukan

Dinilai Nasionalis - Religius, PKB Serahkan B1KWK untuk Paslon YO-JOIN di Pilkada Teluk Bintuni

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 06:59 WIB
header img
Ketua DPC PKB Teluk Bintuni, Nuraeni. (Foto : Istimewa)

TELUK BINTUNI, iNewsJayapura.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai politik (parpol), berbasis ahlussunnah wa jamaah, dalam perhelatan pilkada Teluk Bintuni, secara resmi telah menyerahkan dokumen model B1-KWK Kepada Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Yohanis Manibuy - Joko Lingara (YO-JOIN).

Walau berstatus non seat, di Teluk Bintuni, namun Pasca putusan MK yang tertuang dalam putusan dengan Nomor: 60/PUU-XXII/2024, yang memberikan ruang kepada partai politik non seat hasil pileg 2024 untuk mengusung calon pilkada sendiri, membawa angin segar bagi sejumlah partai non seat, untuk tetap bisa tampil maksimal menentukan pilihannya sebagai partai pengusung.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Teluk Bintuni, Nuraeni, saat diwawancarai pada Kamis (22/08/2024), mengatakan, bahwa masuknya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai pengusung Paslon YO-JOIN, berkomitmen akan mewujudkan tatanan politik nasional yang demokratis, terbuka, bersih dan berakhlakul karimah.

PKB sendiri menilai Paslon Yohanis Manibuy - Joko Lingara merupakan pasangan nasionalis-religius dan memiliki modal politik kuat yang tidak dimiliki calon lain. nama sosok Yohanis Manibuy,  nyatanya tidak pernah surut atau keluar dari sejumlah bursa elektabilitas lembaga survei.

Seperti diketahui, Paslon YO-JOIN sebelumnya telah menerima Persetujuan Parpol.KWK (B.1-KWK) dan Surat Keputusan dari sejumlah partai pengusung yang memiliki kursi DPRD, yakni Partai Perindo tiga (3) kursi, PPP empat (4) kursi, PAN satu (1) kursi, dan Golkar empat (4) kursi.

Sedangkan sejumlah partai non seat yang sampai saat ini baru menyatakan sikap mendukung paslon YO-JOIN dengan telah menerbitkan Surat Keputusan atau Rekomendasi B1KWK adalah partai kebangkitan bangsa (PKB) dan partai solidaritas indonesia (PSI).

Adapun Rekomendasi model. B. Persetujuan.Parpol.KWK tersebut, telah ditetapkan dan ditandatangani oleh ketua Umum PKB H.A.Muhaimin Iskandar dan Sekjen DPP PKB, M. Hasanuddin Wahid, di Jakarta, pada 16 Agustus 2024.

Kata Nuraeni, penyerahan rekomendasi B.1KWK ini menegaskan dukungan penuh PKB terhadap pasangan untuk memimpin dalam periode 2024 - 2029, mulai dari tingkat pusat DPP sampai ke tingkat daerah yakni DPC dan PAC / ditingkat ranting distrik/kampung.

Nuraeni menyebutkan, bahwasannya, bakal calon yang resmi diusung PKB dinilai telah sesuai dengan harapan dari masyarakat, dan dipilih karena merupakan sosok potensial, yang berpotensi akan menang bersama rakyat.

"Jadi benar B1.KWK DPP PKB sudah diserahkan kepada paslon Yohanis Manibuy - Joko Lingara (YO-JOIN). Adapun penyerahan ini menurut kami sudah sesuai mekanisme, karena Paslon YO-JOIN ini dari awal mengikuti proses pendaftaran dari bawah hingga turut menghadiri undangan uji kelayakan dan kepatutan kepada para bacalon kada pada 15 Juni 2024, di kantor DPP. Dan alhamdulillah ditanggal 16 agustus 2024, oleh hasil evaluasi tim desk pilkada, serta melihat elektabilitas paslon Yohanis Manibuy - Joko Lingara yang sangat baik, alhamdulillah B1KWK untuk YO-JOIN sudah resmi diserahkan," ucap Ketua DPC PKB Teluk Bintuni, Nuraeni.

Ia menegaskan bagi seluruh kader PKB di semua tingkatan di Kabupaten Teluk Bintuni, wajib hukumnya mendukung dan memenangkan paslon YO-JOIN di Pilkada Teluk Bintuni 2024. Nuraeni menyebut, pasangan calon (Paslon) Yohanis Manibuy - Joko Lingara, adalah paslon yang nasionalis dan religius, yang sangat berpeluang besar untuk memenangkan kontestasi Pilkada Teluk Bintuni 2024.

"Kami dari kader dan pengurus serta simpatisan DPC Partai PKB di Teluk Bintuni, selaku Ketua DPC jelas siap mengamankan instruksi perintah DPP, dan sudah bersepakat akan bekerja keras untuk memenangkan paslon YO-JOIN,"Jelasnya

Nuraeni juga menyebut, bahwa pihaknya PKB sudah berpikir bagaimana menempuh langkah strategi kemenangan paslon YO-JOIN, juga bersama partai - partai pengusung lainnya baik yang memiliki kursi (seat) dan tidak memiliki kursi (nonseat), tetap diharapkan satu padu maju dan menangkan paslon YO-JOIN untuk perubahan teluk bintuni.

"Adapun kami ini sudah mulai melakukan pemetaan dan konsolidasi kader dan simpatisan secara masif. Tujuannya, agar sejak dini teman - teman lebih aktif lagi dilapangan melakukan sosialisasi terkait paslon YO-JOIN, dan apa saja yang hal - hal berkaitan gambaran harapan perubahan untuk Teluk Bintuni kepada Masyarakat," paparnya.

Sembari menambahkan, bahwa melalui gerakan sosialisasi menuju perubahan Teluk Bintuni yang lebih baik, akan tetap digelorakan dengan semangat juang tinggi untuk satu komando memenangkan paslon YO-JOIN.

Seperti diketahui, sosok Yohanis Manibuy yang merupakan calon bupati dalam periode bursa perhelatan pilkada 2024 ini, dikenal memiliki pengalaman panjang dalam dunia politik. Dia sendiri, pertama kali mengikuti bursa pemilihan kepala daerah adalah sejak 2015 lalu, sebagai calon wakil bupati (cawabup).

Yohanis Manibuy, dalam perjalanan karir politiknya, berproses secara baik dan merupakan aktor muda yang membesarkan partai Golkar di Kabupaten Teluk Bintuni, dan kini menjadi partai yang diperhitungkan setiap ajang pemilihan legislatif (pileg) berlangsung.

Yohanis Manibuy juga dikenal sebagai sosok politisi muda dan milenial yang dikenal sangat sederhana dan dermawan oleh masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni.

Kehadiran Yohanis Manibuy, lantas di daulat sebagai Politisi Muda potensial. Sebab saat mengikuti perhelatan Pilkada yang dihelat pada 9 desember 2015 lalu, untuk pertama kali, Yohanis Manibuy langsung terjun dan merasakan proses demokrasi Pemilihan Kepala Daerah yang digelar serentak se-indonesia, dimana kabupaten teluk bintuni salah satunya.

Selain sebagai politikus, Yohanis Manibuy, merupakan sosok yang memiliki latar belakang sebagai pebisnis, dianggap kuat dalam pengembangan ekonomi, jika terpilih sebagai kepala daerah (Bupati) untuk memimpin Teluk Bintuni.

Menggandeng Joko Lingara yang merupakan sosok muda religius dan kader murni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), pasangan YO-JOIN, dianggap sebagai kombinasi ideal spirit generasi muda anak adat 7 suku Teluk Bintuni, untuk membawa Teluk Bintuni menuju kemajuan yang lebih baik.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut