get app
inews
Aa Read Next : Pelindo Jayapura Salurkan TJSL Bidang Pendidikan

SMPN 1 Ilaga, Pertama Kali Gelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Rabu, 11 September 2024 | 11:23 WIB
header img
Penjabat (PJ) Bupati Nenu Tabuni saat hadir sekaligus memantau pelaksanaan ujian ANBK di SMPN 1 Ilaga. (Foto : Cornelia Mudumi)

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Puncak, Enos Murib menjelaskan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tujuan adalah untuk mengevaluasi mutu pendidikan di setiap sekolah di Indonesia. Hasil ANBK diharapkan dapat dijadikan sebagai alat refleksi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan iklim satuan pendidikan.

“ANBK ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa,” katanya.

Enos Murib juga berharap agar membangun pendidikan di Kabupaten Puncak, perlu kerja sama yang baik antara tenaga pendidik dan masyarakat,terutama dalam menjaga faktor keamanan.

“Masalah yang kami alami, tidak pernah kerja sama antara dinas dan masyarakat,bangunan yang sudah dibangun oleh dinas pendidikan,tidak pernah dijaga oleh masyarakat,bahkan dibakar, guru-guru tidak aman, sehingga  ke depan, jika mau  pendidikan di Puncak maju, maka harus ada kerja sama yang baik,”ungkapnya.

“Kami punya SDM guru-guru semakin kurang, untuk itu kami dari Dinas selalu mendorong, anak-anak di Puncak, agar sekolah khusus guru, sehingga pendidikan di Kabupaten ini bisa maju, hanya lewat pendidikan maka Kabupaten ini akan maju,” tambahnya.

“Kami minta dukungan dari orang tua,semua mendukung dari sisi keamanan, komunikasi sehingga anak-anak bisa kembali ke distrik, tanpa keamanan pendidikan bisa berhasil,” ajaknya.

Salah satu pelajar Julimiau Amisim berharap agar ke depan, semua pihak menjami keamanan, termasuk para orang tuanya, sehingga pendidikan di Kabupaten Puncak bisa jalan, karena hanya lewat pendidikan,Kabupaten bisa maju.

“Kami dari SMPN 1 Ilaga, Gome dan amungkia,keinginan dari kami adalah minta keamanan, sehingga kami mau sekolah, kami mau belajar untuk membangun kabupaten Puncak, kami mohon jangan bunuh para guru, supaya mereka bisa ajar kami,” harapnya.

Untuk diketahui, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) menilai beberapa hal, yaitu: Literasi, Numerasi, Karakter, Kualitas proses belajar-mengajar, Iklim satuan pendidikan. ANBK menggunakan tiga instrumen utama, yaitu: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, Survei Lingkungan Belajar.

AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa. Sementara itu, Survei Lingkungan Belajar mengukur iklim keamanan, inklusivitas, kebhinekaan, kesetaraan gender, kualitas pembelajaran, dan lainnya.

Tujuan ANBK adalah untuk mengevaluasi mutu pendidikan di setiap sekolah di Indonesia. Hasil ANBK diharapkan dapat dijadikan sebagai alat refleksi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan iklim satuan Pendidikan.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut