get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

Empati dan Silaturahmi Jadi Titik Tekan Peringatan Maulid Nabi Kerukunan Keluarga Luwu Raya Papua

Senin, 07 Oktober 2024 | 08:06 WIB
header img
Foto bersama Kerukunan Keluarga Luwu Raya Papua dan seluruh pilar KKSS Papua. (Foto : Darul Muttaqin)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id – Kerukunan Keluarga  Luwu Raya Provinsi Papua menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah dengan penuh khidmat. Acara ini dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (05/10/2024).

Maulid tersebut mengangkat tema “Momentum Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Kita Tebarkan Empati dan Perkuat Silaturahmi” yang artinya mari kita merenungi kembali kehidupan Nabi Muhammad SAW, khususnya dalam hal kepedulian terhadap sesame dan pentingnya membangun hubungan baik dengan orang lain, serta memperkuat silaturahmi dan mempererat hubungan antar kerukunan di Papua.

Dalam acara peringatan Maulid Nabi yang diisi dengan ceramah oleh ustadz H. Burhanuddin, dalam tauksiyahnya mengajak seluruh jamaah untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, seperti kejujuran, kesabara, dan cinta kasih kepada sesama. Ia juga menekankan pentingnya memperkuat silaturahmi dan menjaga persatuan antar kerukunan di Papua khususnya di Kota Jayapura.

Dalam sambutannya, Ketua Kerukunan Keluarga Luwu Raya Provinsi Papua, H. Syamsuddin menyampaikan pesannya bahwa sebagai anak rantau harus memiliki modal yang harus dipegang erat yaitu perkuat tali silaturahmi antar kerukunan ditanah rantau.

“Tentu satu modal yang kita pegang adalah perkuat silaturahmi, karena dengan silaturahmi inilah, seluruh terasa mudah, ada pepatah mengatakan bahwa ringan sama di jinjing, berat sama dipikul yang artinya jika kita duduk bersama-sama maka tidak ada yang terasa berat, yang berat jika kita berjalan sendiri-sendiri”, ucap Syamsuddin.

Dalam pelaksanaan Maulid tersebut, merupakan upaya yang dilakukan guna menjalin tali silaturahmi kekeluargaan antar anggota kerukunan Keluarga besar Luwu Raya Provinsi Papua di Kota Jayapura dan sesekitarnya.

Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW KKLR Papua, Irawadi mengatakan pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad ini baru dilaksanakan oleh Kerukunan Keluarga Luwu Raya Provinsi Papua

 "Kita mengundang seluruh warga kerukunan  Luwu Raya, pilar-pilar masyarakat Sulawesi Selatan, tokoh masyarakat, bahkan para calon-calon Gubernur maupun Walikota turut kami undangan," ucap irawadi

Diakuinya, dengan melibatkan para paslon ini juga untuk memberi ruang kepada masyarakat, agar dapat mengenal para kandidat, juga dapat menyampaikan informasi terkait dengan kebutuhan mereka.

"Bahkan yang paling penting, melalui kegiatan ini, kita dapat menyebarkan pesan-pesan keagamaan, pesan-pesan kemanusiaan dan kebersamaan empati terhadap seluruh masyarakat, " jelasnya.

Dengan demikian, setiap masyarakat, masing-masing melaksanakan kegiatannya sesuai dengan peraturan-peraturan yang sebenarnya.

"Oleh karena itu atas nama kerukunan, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi dari semua pihak, baik yang hadir maupun yang mendoakan dari keluarga," jelasnya.

Irawadi juga berpesan khususnya menjelang Pilkada, yang tinggal beberapa saat saja, diharapkan masyarakat dapat menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani.

"Tanpa paksaan, money politik, atau semacamnya, kami harapkan setiap masyarakat Kerukunan Keluarga Luwu Raya Provinsi Papua, bisa memilih sesuai hati nurani," jelasnya.

Pihaknya juga menekankan semua pihak termasuk Keluarga Besar Luwu Raya Provinsi Papua, harus mensukseskan pelaksanaan Pilkada ini dengan aman, damai dan lancar.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut