Jelang Pemilu, HMI Diminta Tetap Menjaga Independensi

Adrian Kairupan
Suasana Rapat Anggota Komisariat (RAK) HMI pada Komisariat FMIPA-FEKON dan Komisariat FAHUTAN - SASTRA Universitas Papua, Manokwari, Papua Barat. Foto: Adrian Kairupan

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - Mantan sekretaris umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Papua- Papua Barat, Patrix Barumbun Tandirerung, mengingatkan pengurus HMI di Manokwari untuk tetap menjaga independensi organisasi HMI.

Meskipun daya sorot HMI akan diarahkan salah satunya pada pelaksanaan Pemilu 2024 namun menurut Patrix, selaku salah senior menilai bahwa dalam bingkai peran mahasiswa khususnya HMI haruslah tetap dalam kerangka politik moral, bukan politik praktis.

Dia mengharapkan agar idealisme Himpunan Islam Indonesia Manokwari, Papua Barat, tidak tergadai pada Pemilu 2024 mendatang.

Patrix menyampaikan hal tersebut di sela sesi diskusi yang digelar pada Rapat Anggota Komisariat (RAK) HMI Komisariat FMIPA-FEKON dan Komisariat FAHUTAN - SASTRA Universitas Papua, Sabtu (18/11/2023) di Gedung Fakultas Sastra UNIPA, Amban, Manokwari. Turut hadir dalam diskusi tersebut, Ketua HMI Cabang Manokwari, Ridwan Kelkusa.

"Memang ada fakta bahwa alumni HMI saat ini banyak yang menjadi Caleg di semua level Pemilu legislatif, termasuk Calon DPD RI, Capres dan Cawapres. Namun secara organisatoris HMI tidak didesain untuk memberikan sikap partisan terhadap kelompok dan golongan politik apapun.  Meskipun begitu, secara personal, adik- adik memiliki hak politik yang silahkan disalurkan dengan baik saat pemilihan nanti,"Kata Patrix yang juga adalah Wakil Ketua DPD KNPI Papua Barat.

Editor : Damn

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network