get app
inews
Aa Read Next : 34 Pegawai PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani Jalani Tes Potensi Diri

3 Calon Direksi PT Air Minum Jayapura Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan

Sabtu, 11 Februari 2023 | 10:22 WIB
header img
Tiga calon direksi PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) selama dua hari. Foto : iNewsJayapura.id/Istimewa)

JAYAPURA, iNewsJayapura.idTiga calon direksi PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) selama dua hari.

UKK tahap pertama telah digelar pada Jumat (10/2/2023) meliputi Psikotes dan Bedah Kasus.

Ketua Panitia Seleksi. H.Rustan Saru mengatakan, seleksi UKK tahap pertama melibatkan tim psikologi yang independen, guna menguji peserta dan melihat kematangan dalam mencari solusi, serta memberikan penyelesaian untuk mencapai tujuan perusahaan.

"Fit and Proper Test atau UKK tahap pertama terdiri dari dua materi yang diujikan. Peserta diuji untuk melihat solusi, memberikan penyelesaian untuk mencapai tujuan dari perusahaan," kata Rustan Saru, Sabtu (11/2/2023).

Rustan menjelaskan, kasus yang diberikan adalah tentang sistem penyediaan air bersih di danau Sentani, yang sampai hari ini belum terealisasi.

Kemudian,lanjut Rustan, tentang strategi direksi untuk memajukan perusahaan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD Nasional dan Sustainable Development Goals atau SDGs 2030, agar seluruh wilayah pelayanan PDAM Jayapura dapat optimal.
‘’Berkaitan dengan mengurangi tingkat kehilangan air bisa yang dimaksimalkan, dan meningkatkan SDM di setiap unit kerja di PDAM Jayapura,’’ ujarnya.

Sementara, materi UKK tahap kedua bagi calon direksi tentang penulisan makalah sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan.

Dia menjelaskan bahwa untuk posisi Direktur Umum adalah aspek SDM dan keuangan, lalu Direktur Teknik adalah aspek operasional dan pelayanan air bersih, serta Direktur Utama mencakup empat aspek dari tupoksi Direktur Umum dan Direktur Teknik.

Penulisan makalah, kata Rustan, untuk melihat bagaimana ide dan gagasan calon direksi dalam menuntaskan masalah pada bisnis di perusahaan untuk mencapai tujuan agar menjadi mandiri dan prima.

Sementara itu, seleksi UKK difasilitasi oleh tim psikologi independen dari Lembaga Papua Orbit, disaksikan Ketua Pansel  Rustan Saru, Sekretaris Edi Susanto, Anggota, Aloysius Renwarin, Kabag Hukum Setda Kota Jayapura Hellena Dawir,  Kabag Hukum Setda Kabupaten Jayapura Timothius Taime, Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Yapis Papua, Najamudin Gani dan Ketua Forum Komunikasi Pelanggan Tommy Wakum.

Turut disaksikan melalui daring Direktur Eksekutif Perpamsi  H. Agus Sunara dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Papua Triwibowo Aji.

Tiga peserta yang mengikuti UKK antara lain,  Entis Sutisna sebagai peserta calon Direktur Utama, Syors H. Ondi sebagai peserta calon Direktur Umum, dan Yan P. Nasadith  sebagai peserta calon Direktur Teknik.

Editor : Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut