get app
inews
Aa Read Next : 5 Pelajar SMP Kasih Bangsa Ikuti Kompetisi Karya Ilmiah Wice di Malaysia

Sabet Juara Bidang Matematika, Siswi Asal SMP Negeri 10 Manokwari Siap Wakili Papua Barat Ajang OSN

Kamis, 27 Juli 2023 | 12:29 WIB
header img
Penyerahan piagam dan uang pembinaan dari pihak sekolah SMP N 10 Anggori, Manokwari kepada Ruthetty Heronia Rumbiak, didampingi orang tuanya Frederik Rumbiak. Foto : Adrian Kairupan

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Anggori, Manokwari, Papua Barat unjuk prestasi. Ruthetty Heronia Rumbiak, siswi kelas IX ini sukses meraih gelar juara di ajang Olimpiade Sains Nasional (C) tingkat Provinsi Papua Barat untuk tingkat SMP/MTs tahun 2023.

Karena itu, Dia didaulat mewakili Papua Barat di OSN tingkat nasional untuk mata pelajaran ilmu Matematika.

Itu berdasarkan keputusan Kepala Balai Pengembangan talenta indonesia Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2023, nomor :1320/17.1/PN.00/2023, tentang penetapan pemenang peserta olimpiade sains nasional tingkat provinsi (OSN-P) jenjang SMP/MTs tahun 2023.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP N 10 Anggori, Manokwari, Erwin Pattikawa, S.Pak, saat diwawancarai, pada Rabu (26/7/2023) mengatakan, bahwa dirinya secara pribadi dan atas nama sekolah, sangat mengapresiasi jerih payah dan prestasi dari siswi Ruthetty Heronia Rumbiak.

"Saya rasa bangga dan apresiasi karena ini baru pertama kali, Siswa perwakilan dari SMP N 10 Manokwari bisa berhasil pada bidang akademik, dan sudah mulai diperhitunhkan pada tingkatan OSN. Karena selama ini kita hanya non akademik yang sekolah ini beberapa kali mendapatkannya dalam event - event olahraga saja,"Ungkap Erwin Pattikawa.

Dimana proses ukiran prestasi itu, ditorehkan Ruthetty Heronia Rumbiak, melalui proses sejak Penyelenggaraan OSN tingkat kabupaten yang diikuti sejumlah siswa/i dari SMP/MTs se-Manokwari pada 16-17 mei 2023. Kemudian Ruthetty Heronia Rumbiak bersama para peserta yang dinyatakan lolos tingkat kabupaten, kembali mengikuti lomba atau seleksi tingkat provinsi pada 28 - 29 juni 2023.

"Hasilnya, dia keluar sebagai juara satu bidang akademik Matematika mewakili Manokwari. Dia bersanding dengan dua pelajar SMP lainnya, yakni Eureka Fristhania Sinaga dari SMP YPPK Don Bosco Fakfak juara satu bidang IPA, dan Zeirah Awaliah dari SMP Islam Terpadu As salaam Fakfak yang berhasil juara diposisi pertama bidang IPS,"Beber Pattikawa.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut