get app
inews
Aa Read Next : 5 Pelajar SMP Kasih Bangsa Ikuti Kompetisi Karya Ilmiah Wice di Malaysia

Sabet Juara Bidang Matematika, Siswi Asal SMP Negeri 10 Manokwari Siap Wakili Papua Barat Ajang OSN

Kamis, 27 Juli 2023 | 12:29 WIB
header img
Penyerahan piagam dan uang pembinaan dari pihak sekolah SMP N 10 Anggori, Manokwari kepada Ruthetty Heronia Rumbiak, didampingi orang tuanya Frederik Rumbiak. Foto : Adrian Kairupan

Pattikawa lalu berharap agar prestasi ini bisa ditularkan ke adik-adik kelas siswi bersangkutan, terutama siswa/i baru di bangku kelas VII, sehingga semakin banyak kedepan siswa/i asal SMP N 10 Anggori, Manokwari yang berprestasi di bidangnya.

"Jadi Anak Ruth ini, dia ini yang pertama. Jadi harapannya dari apa yang telah dilaluinya menjadi motivasi untuk dia punya adik - adik kelasnya atau teman - teman lainnya. Padahal awalnya kami pihak sekolah mendapati dia berada di urutan kedua dalam seleksi atau lomba tingkat kabupaten, dan ketika naik seleksi di tingkat nasional dia mendapati urutan pertama dan mewakili Papua Barat bersamaan dua siswa lainnya dari Fakfak. Sehingga kami dari hal ini, percaya bahwa nanti ada ruth - ruth atau siswa/i lainnya yanh bisa mengikuti jejak Ruthetty Heronia Rumbiak dengan menunjukan prestasi pada bidangnya,"Terangnya

Selaku Kepsek, Pattikawa juga berpesan agar Ruthetty Heronia Rumbiak dapat lebih fokus dan memacu kesiapannya guna menghadapi OSN 2023 tingkat  Nasional pada 27 Agustus - 2 September 2023, yang direncanakan digelar di Bogor, Jawa Barat, dan diikuti oleh ratusan peserta dari setiap keterwakilan tingkat provinsi se- Indonesia, termasuk ada 3 keterwakilan peserta dari luar negeri yakni Singapura dan Malaysia.

"Dengan adanya prestasi ini, tentu kami dari kami pihak sekolah juga tak tinggal diam. Kami akan berupaya semampu kami mengawal dan memberikan suport buat anak kami untuk bisa terus bersaing di tingkat nasional pada Agustus mendatang,"Paparnya

Sementara itu, Frederik Rumbiak selaku orang tua dari siswi Ruthetty Heronia Rumbiak mengatakan, bahwa selaku orangtua sangat menginginkan pembangunan pendidikan pada anaknya bisa terus berkembang dengan baik. Tentu hal tersebut, merupakan investasi masa depan. oleh karena itu, diakuinya, selaku orang tua tiada hentinya turut menyiapkan dengan matang dan melalui proses yang panjang, membentuk mental dan pengetahuan Ruthetty Heronia Rumbiak, yang juga diketahui merupakan siswi tamatan SDN 02 Amban Manokwari, tiga (3) tahun lalu, untuk menyukai dan memiliki prestasi dalam pelajaran matematika.

"Kami orangtua selalu suport ruth. Karena potensi anak ini, sudah sejak bangku sekolah dasar (SD) sudah suka pelajaran matematika. Ini tentu tak terlepas dari bimbingab para gurunya di sekolah, serta beberapa metode tambahan belajar melalui bimbel, belajar kelompok dengan teman - teman serta di rumah itu ada waktu khusus untuk anak Ruth belajar sendiri secara mandiri,"Tukas Frederik Rumbiak.

"Kami orang tua sangat mendukung, namun tentu harapan kami ada perhatian khusus dari Pemerintah daerah dan dinas teknis terkait, agar prestasi anak kami yang telah mencoba memberikan terbaik bagi nama papua barat mendapat dukungan sarana dan prasarana. Karena sebagai orang tua juga, kami punya keterbatasan,"Sambungnya menambahkan.

Terpisah, Kepala Dinas tingkat kabupaten Manokwari melalui sekretaris dinas pendidikan kabupaten Manokwari, Paitu Sayori, saat dikonfirmasi diruang kerjanya menyebutkan, bahwa salinan akan hasil penetapan OSN tingkat SMP/MTs tahun 2023, belum diterima pihaknya.

Sehingga, berkaitan akan sejumlah dukungan kepada siswi dimaksud, dalam hal ini Ruthetty Heronia Rumbiak, dirinya akan berkoordinasi dengan Pimpinan dan Bidang Teknis terkait.

"Saya sendiri selaku sekretaris belum terima lampiran surat keputusan atau hasil OSN ini. Saya belum tahu apakah sudah langsung ke kepala dinas. Nanti saya koordinasi dulu dengan bidang teknis terkait. Saya liat surat itu dulu sebagai dasar, baru bisa kita bicara lebih lanjut,"Jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Manokwari.

Sekedar diketahui, hingga di tahun ajaran 2023/2024, tercatat SMP Negeri 10 Anggori, Manokwari telah menampung 275 jumlah siswa/i dari kelas VII - IX. Sementara jumlah guru sebanyak 9 orang ASN, 2 orang P3K, 3 orang honor, dan ditambah tenaga tata usaha sebanyak 3 orang, dan penjaga sekolah 1 orang. Sekolah ini berdiri diatas lahan dengan luas 13.022 m2.

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut