get app
inews
Aa Read Next : Cari Bakat Pembalap Motor Untuk Ikut PON 2024 di Aceh Dan Medan

Ketum KONI Papua Selatan Membuka Kejuaraan Panahan Gubernur Cup 1 Tahun 2023

Senin, 06 November 2023 | 15:03 WIB
header img
Atlit Panahan putra dan putri saat perlombaan. Foto: M. Syahrir Muslimin

MERAUKE, iNewsJayapura.id - Ketua Umum KONI Papua Selatan, Apolo Safanpo membuka Kejuaraan Panahan Gubernur Cup 1 Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan kandara.

Kejuaraan Panahan Gubernur Cup 1 Tahun 2023 bertempat di Lapangan mako Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI wasur Merauke Papua Selatan.

Kejuaraan Panahan Gubernur Cup 1 Tahun 2023 diikuti 41 Peserta yang terdiri dari 20 atlit putra, 11 atlit umum dan 9 atlit pelajar  dan 21 atlit putri, 7 atlit umum dan 14 atlit pelajar yang terdiri dari 5 club diantaraya, pioneer archhery merauke, buaya muara archery club, maro archery club, merauke archery club animha daj civilians archery.

Kejuaraan Panahan ini mempertandingkan dua divisi yaitu Standart BOW Pelajar Putra/Putri dan Standart BOW Umum Putra/Putri.

Ketua umum KONI yang juga selaku PJ Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo mengungkapkan Olah raga panahan merupakan olah raga baru dipapua selatan sehingga mencoba untuk memperkenalkanya di bumi animha , mengingat sebagai salah satu olah raga yang cukup mahal sehimgga supporting dan dukugan sangat dibutuhkan dari semua pihak, baik keluarga, sekolah masyarakat dan pemerintah.

"Kejuaraan kali ini diikuti oleh atlit dari club panahan yang ada di Merauke, namun sebenarnya atlit yang masuk dalam club itu adalah mahasiswa dan pelajar yang datang dari Kabupaten Asmat, Boven Digoel Dan Mappi yang melaksanakan tugas belajar di Merauke Papua Selatan."ujarnya

Kejuaraan ini sebagai ajang silaturahmi atlit panahan di Papua Selatan, diharapkan dapat muncul bibit atlit panahan kabupaten Merauke dan Papua Selatan  yang dapat berkiprah di tingkat nasional bahkan internasional.

"khusus untuk cabang olahraga panahan belum dapat diikutkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 1 Papua Selatan dikarenakan belum adanya pengurus di empat kabupaten yang ada di Provinsi Papua Selatan."tutupnya 

Sementara itu Ketua Umum Perpani Papua Selatan Ade Irma Suryani safanpo menyampaikan , Kejuaraan panahan gubernur cup ke 1 papua selatan 2023 sebagai ajang peningkatan prestasi atlit panahan, sebagai ajang silaturahim seluruh insan panahan , mempererat silaturahim antar instansi TNI khususnya korps marinir dan memupuk jiwa sportifitas, nilai kebersamaan, kekeluargaan dan ajang meraih prestasi.

"Kita akan terus mensosialisasikan cabang olahraga panahan, sehingga kedepannya pengurus di 4 kabupaten, sehingga kedepan cabang olah raga ini dapat segera terbentuk dan menghadirkan atlit panahan yang dapat mengharumkan papua selatan di berbagai ivent,"ucapnya

“Kita akan terus menyeleksi para atlit dan berharap dapat dikirim ke Pra PON bahkan di PON 2024 nantinya,"tutupnya

Editor : Darul Mutaqim

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut