get app
inews
Aa Read Next : TNI AL Lantamal X Jayapura Gelar Serangkaian Bhakti Sosial Memperingati HUT ke 79 TNI AL

Kampung Bahari Nusantara Kayo Pulau Diresmikan, Danlantamal X Serahkan Bantuan Sosial

Senin, 04 Desember 2023 | 19:44 WIB
header img
Foto bersama saat usai Peresmian KBN Kayo Pulau binaan Lantamal X ini dipusatkan di Kantor Badan Musyawarah Kampung, Kampung Kayo Pulau. Foto: Istimewa

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Asintel Danlantamal X Kolonel Mar Umar Hidayat mewakili Danlantamal X Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono menghadiri peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) Kampung Kayo Pulau, Distrik Jayapura Utara, Senin (04/12/2023).

Peresmian KBN Kayo Pulau binaan Lantamal X ini dipusatkan di Kantor Badan Musyawarah Kampung, Kampung Kayo Pulau, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Pada kesempatan tersebut Asintel Danlantamal X menyerahkan bantuan bibit ikan bubara, buku-buku pengetahuan umum.

Danlantamal X juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat Kampung Kayo Pulau yang secara simbolis diberikan oleh Asintel Danlantamal X, Staf Ahli Wali Kota Jayapura Fredi Awarawi, Kapolresta Jayapura Kombes Pol. Victor D. Mackbon, Dandim 1701/Jayapura yang diwakili Kasdim Letkol Mustafa serta Kakawil BI Prov. Papua yang diwakili oleh Kepala Unit Keuangan Agung Susilo serta Kasi Organisasi Korcab X DJA III Ibu Kiki Ganda P. Siregar.

Asintel Danlantamal X dan para undangan juga berkesempatan meninjau fasilitas yang telah direnovasi yang dipandu langsung oleh Aspotmar Danlantamal X Letkol Marinir Istepanus Ginting, diantaranya fasilitas yang ditinjau meliputi posyandu, rumah pintar dan PAUD, spot wisata kampung Kayo Pulau serta kantor badan musyawarah kampung.

Dalam sambutan Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono yang dibacakan oleh Asintel Danlantamal X Kolonel Marinir Umar Hidayat mengatakan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dan negara bahari yang besar.dan salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah pemberdayaan wilayah pertahanan laut, sesuai yang diamanatkan Undang-undang Nomor 34 tahun 2004.

Menurutnya implementasi dari undang-undang tersebut adalah pencanangan Kampung Bahari Nusantara sebagai wujud pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan oleh TNI AL diseluruh Indonesia.

Program ini diprioritaskan terhadap masyarakat wilayah pesisir yang berfokus pada bidang edukasi atau pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata dan pertahanan.

Menurutnya pula kegiatan ini merupakan upaya untuk membantu tugas pemerintah dalam mengatasi permasalahan di masyarakat khususnya masyarakat daerah pesisir dalam hal penguatan sumber daya manusia dan mendorong mendorong terciptanya ekonomi kreatif berbasis teknologi serta sebagai wujud kemanunggalan TNI Angkatan Laut bersama rakyat.

Sementara itu saat diwawancara, Kepala Kampung Kayo Pulau bapak Tomi Oktovianus Sibi mengapresiasi dan berterimakasih kepada TNI Angkatan Laut dengan dicanangkannya KBN di Kampung Kayu Pulau.

"Atas nama pemerintah Kampung Kahima Soroma Kayo Pulau kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Lantamal X Jayapura yang dalam hal ini memilih Kampung kayu pulau sebagai salah satu dari kampung binaan KBN yang ada di kota Jayapura,"ujar Tomi Oktovianus Sibi.

Ia juga berharap bahwa kerja sama ini dapat terus ditingkatkan dan berjalan kedepannya lebih baik.

"Kami harap kerjasama yang sudah terjalin akan terus berada bersama-sama dengan kami dan terus membina kami karena kami adalah kampung-kampung yang ada di pesisir yang masih butuh binaan dari Lantamal X yang begitu baik bagi kami sehingga hari ini kami Kampung kami boleh diresmikan sebagai Kampung KBN Kampung Binaan (Bahari maksudnya) Nusantara cari TNI Angkatan Laut.", harapnya pula.

"Dalam satu tahun kepemimpinan kami di kampung ini kami harap ke depan masih ada tahun-tahun berikut lagi bisa menjalin kerjasama yang begitu baik, bukan saja di bidang pendidikan tapi juga dibidang-bidang yang lain juga.", sambungnya.

Dengan tema "Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Tranformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju untuk Indonesia Maju", peresmian KBN tahun 2023 secara Nasional digelar di 69 titik di Indonesia, dipusatkan di Dusun Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo yang diresmikan oleh Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut Mayjen TNI (Mar) Markos, dan disiarkan secara virtual di seluruh jajaran TNI Angka

Editor : Damn

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut