get app
inews
Aa Read Next : Kejuaraan Tinju MDF Trengginas 90 Resmi Digelar, Rafaeisal : Bersama Hidupkan Cabor Tinju

Penjabat Gubernur Papua Apresiasi Penyelenggaraan MTQ ke-30 di Kabupaten Mimika

Selasa, 25 Juni 2024 | 19:06 WIB
header img
Penjabat Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun saat di wawancarai kepada pers di Timika. (Foto: Istimewa)

MIMIKA, iNewsJayapura.id - Penjabat Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun, memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-30, terutama kepada Kabupaten Mimika sebagai tuan rumah. Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan pada acara pembukaan MTQ yang dihadiri oleh 19 kabupaten dan kota peserta dari 4 provinsi di Tanah Papua, di kompleks Gedung Eme Neme Yauware, Timika, Minggu (23/06/2024).

Ridwan Rumasukun memuji kehadiran para peserta yang datang dengan semangat sportivitas dan kejujuran. Ia berharap agar MTQ ini bisa menjadi agenda rutin bagi seluruh provinsi di Tanah Papua untuk menjaga kebersamaan dan silaturahmi, meskipun kini wilayah-wilayah tersebut sudah memiliki pemerintah provinsi masing-masing.

"Kegiatan semacam ini, termasuk Pesparawi, Pesparani, dan kegiatan agama Hindu atau Buddha, sebaiknya diselenggarakan dengan cara yang serupa. Teman-teman bisa belajar dari Kabupaten Mimika," ujarnya.

Penjabat Gubernur juga menyoroti desain dan suasana MTQ ke-30 yang dianggapnya mirip dengan MTQ Nasional di Jambi tahun lalu. Menurutnya, MTQ bukan hanya ajang kompetisi untuk menampilkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan indah, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur'an serta memperkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Acara ini dianggap sebagai momentum penting bagi umat Islam di Tanah Papua untuk memperdalam pemahaman dan pengamalan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Ridwan Rumasukun berharap melalui MTQ ini, semua pihak dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga dari Al-Qur'an untuk hidup dalam kedamaian, toleransi, dan saling menghormati, yang sangat relevan dengan kondisi masyarakat Papua yang majemuk dan penuh keberagaman.

"Mari kita jadikan MTQ sebagai wahana untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat persatuan serta kesatuan di Tanah Papua," ajaknya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Pdt. Klemens Taran, menyampaikan bahwa nilai-nilai kedamaian yang terkandung dalam Al-Qur'an memberikan spirit untuk senantiasa hidup rukun dan damai dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang telah dan akan dihadapi. Diingatkannya bahwa semua agama mengajarkan untuk saling mengasihi dan menghormati sesama umat manusia. Meskipun berbeda-beda, semua adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut