get app
inews
Aa Read Next : Relawan Cenderawasih Emas Siap Menangkan Irjen Fakhiri di Pilgub Papua 2024

MTQ se Tanah Papua di Timika Dipantau Tim Kemenag Pusat, Berikut Penilaian Positifnya

Sabtu, 29 Juni 2024 | 17:29 WIB
header img

MIMIKA, iNewsJayapura.id - Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi se-Tanah Papua yang diselenggarakan di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mulai tanggal 20 hingga 30 Juni 2024 mendapat apresiasi yang sangat baik dari banyak pihak.

Salah satunya penilaian positif Ahmad Husni Ismail, Analis Ahli Muda pada Seksi Bina Qori dan Hafidz al-Qur'an, Sub Direktorat Lembaga Tilawah dan Musabaqah al-Qur'an dan al-Hadist, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Kamis (27/06/2024) di Timika. Ia juga dikenal luas sebagai salah satu imam Masjid Istiqlal, Jakarta.

Menurutnya, venue sudah diatas standar provinsi. Area fahmil sangat memadai, dengan area yang luas. Penonton, dewan juri, dan peserta berada di daerah yang terpisah sehingga tidak saling mengganggu. Penonton sangat menikmati bagaimana peserta mengikuti lomba, dan ini direspon dengan baik serta membuat antusiasme yang luar biasa.

Desain arena utama juga mendapatkan pujian.

"Betul juga jika dikatakan MTQ provinsi ini terasa seperti MTQ nasional. Kadang memang banyak provinsi mampu mengalahkan venue yang ada di nasional, apalagi jika daerah memiliki kemampuan perekonomian, tenaga handal, SDM yang sangat baik, dan dukungan pemerintah daerah," jelasnya.

MTQ ini juga disebutnya keren dan heboh, karena dihadiri oleh para penjabat gubernur se-Tanah Papua, dua diwakili, menunjukkan bahwa acara ini memperkuat persatuan antar elemen di Papua.

"MTQ terkeren dan terheboh karena acara pembukaannya saja dihadiri oleh penjabat gubernur (se-Tanah Papua). Luar biasa, kan? Menurut saya, hikmah MTQ ini adalah membawa nikmat dan menyuburkan persatuan di antara kita," demikian kesan Husni.

Dengan demikian, lanjutnya, tidak lagi sekat-sekat, tetap dapat menyatu dalam persaudaraan, kesetiakawanan, dan suasana interaksi sesama.

"Memang kita bersaudara, satu rumpun, satu keturunan Adam. Tidak ada yang kita perselisihkan, dan tidak ada yang lebih mulia di antara kita kecuali yang paling baik berinteraksi dengan sesama," demikian ia mengingatkan.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut