get app
inews
Aa Read Next : Max A. Ohee Selaku Wakil Ketua II MRP Papua Sampaikan Pesan Damai Pilkada Serentak 2024

MRP Papua Serahkan Dokumen Hasil Verifikasi Faktual Keaslian OAP ke KPU Papua

Sabtu, 14 September 2024 | 20:24 WIB
header img
Ketua MRP Papua, Nerlince Wamuar Rollo saat menyerahkan dokumen surat keputusan MRP Papua dari hasil verifikasi faktual terhadap dua bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua di Kantor KPU Papua. (Foto : Darul Muttaqin)

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Majelis Rakyat Papua (MRP) menyerahkan hasil pertimbangan dan persetujuan syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tahun 2024 sebagai Orang Asli Papua (OAP) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, yang dilaksanakan di aula lantai 4 Kantor KPU Papua, Kota Jayapura, Sabtu (14/09/2024).

Adapun syarat keaslian Orang Asli Papua yang diserahkan kepada KPU Papua, yang merupakan hasil kerja panitia khusus (Pansus) MRP Papua setelah melakukan verifikasi faktual di masing-masing wilayah adat dari dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yaitu Matius D. Fakhiri dan Aryoko Rumaropen serta Benhur Tomi Mano dan Yermias Bisai.

Ketua Majelis Rakyat Papua, Nerlince Wamuar Rollo mengatakan bahwa dalam kenjungannya ke Kantor KPU Papua yang bertujuan untuk menyerahkan hasil verifikasi faktual tentang keaslian orang Papua, terhadap dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Periode 2024-2029.

“Pada tanggal 30 Agustus 2024, KPU Provinsi Papua telah menyerahkan berkas untuk menindaklanjuti oleh MRP Papua, dimana MRP telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) Pilkada. Berdasarkan berkas calon yang diterima MRP Papua, dan mendaftarkan ke KPU Papua, ada dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Matius D. Fakhiri dan Aryoko Rumaropen serta Benhur Tomi Mano dan Yermias Bisai,” kata Nerlince Wamuar Rollo.

Lanjut Nerlince, sebelumnya MRP Papua telah membentuk lewat Panitia Khusus (Pansus) Pilkada 2024, ada 4 Tim yang dibentuk untuk turun langsung ke wilayah masing-masing pasangan calon menverifikasi tentang keaslian orang Papua (OAP).

“Dimana pada tim pertama turun ke Kampung Bade yang berada di Kabupaten Mappi di Provinsi Papua Selatan, tim kedua turun ke Kota Jayapura, tim ketiga turun ke Kabupaten Kepulauan Yapen dan Tim Keempat turun Kabupaten Biak,’ ucapnya.

Dari hasil verifikasi faktual oleh tim Pansus Pilkada di MRP Papua, yang telah diplenokan pada Kamis, (12/09/2024) menetapkan bahwa dua pasangan calon yang memenuhi syarat sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua adalah:

  1. Matius D. Fakhiri – Aryoko Rumaropen (Mari-Yo)
  2. Benhur Tomi Mano – Yermias Bisai (BTM-YES)

“Setelah selesai menverifikasi faktual dari setiap pasangan calon di 4 wilayah, kami memplenokan bahwa MRP Papua menyatakan dua bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua adalah benar Orang Asli Papua (OAP),” kata Nerlince Rollo.

Editor : Darul Muttaqin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut