Rangkuman Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024 Oleh KPU Papua Pegunungan 

Marco Kerda
Komisioner KPU Papua Pegunungan Koodinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Sosdiklihparmas) dan SDM, Theodorus Kossay saat memberikan keterangan. Foto: Marco Kerda

Tahapan yang saat ini dilakukan oleh KPU Papua Pegunungan dilaksanakan adalah rekrutmen KPPS. Untuk rekrutmen KPPS ini mengalami tingkat kesulitan karena kondisi geografis dan infrastruktur yang agak sulit sehingga untuk tingkat Provinsi Papua mencapai 85 persen. Untuk kebutuhan TPS di 8 Kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan berjumlah 5850 serta 40.950 orang yang dibutuhkan untuk mengisisi kuota anggota KPPS.

‘’Nanti tanggal 24 Januari itu akan dilakukan penetapan anggota KPPS yang sudah direkrut dan tanggal 25 Januari 2024 dilakukan pengambilan sumpah janji serentak, setelah itu KPU akan melakukan TFT (training for trainer) atau TOT (training of trainer) oleh KPU RI kepada KPU Provinsi, KPU Provinsi kepada KPU Kabupaten, KPU Kabupaten kepada PPD, PPD kepada PPS serta PPD dan PPS membimtek, simulasi dan sosialisasi kepada 7 anggota KPPS,’’ Lanjutnya.

Untuk Pemilu 2024 ini Provinsi Papua Pegunungan Untuk akan melakukan dua metode pemilihan diantaranya menggunakan system one men one vote atau system coblos dan pemilihan system noken, sebabnya KPU Papua Pegunungan meningkatkan sosialisasi dan simulasi di tingkat Kabupaten hingga Kampung agar pemilu integritas yang damai itu bisa dialami dan dirasakan masyarakat di setiap TPS. Tahapan selanjutnya KPU Papua Pegunungan menyiapkan jadwal kampanye.

‘’Hari ini kita mengikuti tiga pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden jadi paslon nomor urut 1, paslon nomor urut 2 dan paslon nomor urut 3 di pusat itu akan diikuti oleh partai pengusung secara terpusat jadi kampanye di Provinsi, kampanye di Kabupaten itu sudah diatur dalam tiga zona yang sudah diatur makanya pola kampanyenya agak sedikit berubah dari pemilu 2019 sebelumnya,’’ Lanjutnya.

Dengan system pemilu serentak dan menggunkan dua metode dalam pemilihan, KPU Papua Pegunungan mempersiapkan untuk melakukan sosialisasi yang intens mengenai lima jenis pemilihan dengan surat suara dengan proses pemungutan suara di TPS one men one vote atau pencobolosan atau juga TPS noken,

’’Bimtek penuh untuk kegiatan di TPS adalah persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemunungatn suara, persiapan penghitungan suara dan keempat pelaksanaan pemungutan suara jadi kegiatan ini KPU Kabupaten harus menyampaikan informasi secara detail kepada kpps mengingat sisa 25 hari pelaksanaan Pemilu secara serentak,’’ Tutup Theodorus Kossay. 

Editor : Damn

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network