get app
inews
Aa Read Next : Berjibaku Melawan Para Juara Bertahan, Atlet Biliar PWI Pabar Melaju ke Final Porwanas XIV Kalsel

Bappenas-USAID Kolaborasi Gelar Program Magang untuk 18 ASN Papua Barat guna Pengelolaan Otsus

Kamis, 02 November 2023 | 17:57 WIB
header img
Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas menyelesaikan program magang Aparat Sipil Negara (ASN) yang bekerja sama dengan proyek USAID Kolaborasi dan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Foto: Ist

JAKARTA,iNews.id - Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas baru-baru ini menyelesaikan program magang Aparat Sipil Negara (ASN) yang bekerja sama dengan proyek USAID Kolaborasi dan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Program magang pertama ini telah berhasil dilaksanakan di Jakarta selama satu bulan, diikuti oleh 18 ASN yang mewakili berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Kabupaten dan Provinsi Papua Barat.

Mulai tanggal 2 Oktober 2023, para peserta magang telah mengalami pengalaman positif dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mereka melalui pembelajaran di Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan di Jakarta.

Taufik Hanafi, Pelaksana Tugas Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas, menyatakan bahwa akses magang untuk ASN dari wilayah Indonesia timur selama ini terbatas. Salah satu alasan utamanya adalah persaingan yang ketat dan perbedaan kapasitas ASN secara nasional.

Taufik lebih lanjut menekankan bahwa kerja sama program magang ASN dengan USAID Kolaborasi adalah langkah positif dalam meningkatkan kapasitas pemerintah daerah di Tanah Papua.

"Selama berlangsungnya program magang, kami telah memfasilitasi peserta untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang perencanaan dan penganggaran sambil bekerja di Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan. Program semacam ini sangat penting dalam persiapan perencanaan pembangunan jangka panjang," kata Taufik Hanafi setelah penutupan program magang ASN hari ini.

Sementara itu, Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), Jeff Cohen, menyampaikan kebanggaannya atas kolaborasi dengan Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri dalam mendukung program magang inovatif ini. 

Dia berharap peserta program magang dapat mengaplikasikan pengalaman penting ini untuk memperkuat reformasi dan pembangunan di Papua.

Huberta Motombri, peserta magang dari Bappeda Kabupaten Teluk Bintuni, menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan program tersebut. Dia merasa bangga dan senang mendapatkan kesempatan belajar yang akan bermanfaat di instansinya nanti.

Setelah selesai magang, semua peserta akan kembali ke daerah asal mereka untuk menerapkan rencana aksi yang telah dibuat dengan bimbingan dari Pusbindikatren Bappenas.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut