get app
inews
Aa Read Next : Berjibaku Melawan Para Juara Bertahan, Atlet Biliar PWI Pabar Melaju ke Final Porwanas XIV Kalsel

Bappenas-USAID Kolaborasi Gelar Program Magang untuk 18 ASN Papua Barat guna Pengelolaan Otsus

Kamis, 02 November 2023 | 17:57 WIB
header img
Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas menyelesaikan program magang Aparat Sipil Negara (ASN) yang bekerja sama dengan proyek USAID Kolaborasi dan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Foto: Ist

Program On the Job Training (OJT) Bappenas

Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas telah memulai program magang/OJT (On the Job Training) sejak tahun 2003.

OJT adalah program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang melibatkan pembelajaran sambil bekerja di institusi mitra yang terkait langsung dan tidak langsung dengan perencanaan pembangunan.

Pusbindiklatren Bappenas telah mengembangkan program OJT dalam berbagai tema/topik, jenis, dan institusi mitra. OJT/Magang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Reguler, Kolaborasi, dan Penelitian Kebijakan.

Secara umum, program OJT bertujuan untuk meningkatkan kapasitas ASN Perencana di bidang perencanaan pembangunan melalui pengalaman bekerja secara langsung di Kementerian PPN/Bappenas dan institusi mitra lain yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam perencanaan pembangunan.

USAID Kolaborasi

USAID Kolaborasi adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tata kelola pemerintahan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat selama 5 tahun (2022-2027).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang tepat sasaran sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya Orang Asli Papua (OAP).

USAID Kolaborasi adalah hasil kolaborasi antara Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, dan Pemerintah Amerika Serikat melalui United States Agency for International Development (USAID). Implementasi program ini dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama INFID dan Yayasan Kitong Bisa (KBF).
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut