Pasca Dilantik, Ini Pesan Bupati Manokwari Kepada 4.711 Anggota KPPS

Adrian Kairupan
Bupati Manokwari, Hermus Indou saat memberikan sambutannya. Foto: Adrian Kairupan

MANOKWARI, iNewsJayapura.id - KPPS adalah kelompok yang tergabung dalam badan ad hoc penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Tugas KPPS dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS adalah mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih dengan hak pilihnya, serta memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas.

Dalam menjalankan tugas tersebut, KPPS diharapkan memiliki transparansi, netralitas, tingkat akurasi yang tinggi, dan bertanggung jawab. Dengan demikian, nilai-nilai demokrasi yang dapat dibanggakan dapat terwujud.

Demikian diutarakan Bupati Manokwari, Hermus Indou,  mengingatkan lapisan jajaran KPPS untuk bekerja sesuai amanat institusi. Seperti diketahui, sebanyak 4.711 Anggota Kpps kabupaten Manokwari pada kamis (25/01/2024) resmi telah dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Manokwari, Christine Ruth Rumkabu.

Dengan dilantikanya anggota KPPS sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemilu 14 Februari 2024, maka Bupati Manokwari hermus Indou berpesan agar KPPS dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus sesuai dengan amanat institusi.

“Sebagai anggota KPPS harus bekerja berdasarkan amanat konstitusi atau regulasi dan seluruh peraturan pelaksanaan nya, jangan ada yang menyimpang,"Sambungnya

Pesan kedua yang di sampaikan bupati ialah sebagai anggota KPPS wajib memberikan informasi-informasi yang baik kepada masyarakat yang memiliki hak suara sebagaimana yang tercantum dalam DPT.

Menurut Bupati, bahwa program sosialisasi disekitar wilayah kerja KPPS, menjadikan penting untuk memastikan bahwa seluruh rakyat mendapatkan informasi yang baik, sehingga dapat memastikan diri untuk menggunakan hak suara pada 14 Februari 2024, untuk menggunakan hak suara serta tidak ada golput.

Selain itu hal ketiga yang menjadi pesan bupati kepada anggota kpps ialah menjaga netralitas di dalam penyelenggaraan pemilu dan tidak menjadi tim sukses dari salah satu calon presiden atau legislatif di masing masing tingkatan.

"Bekerjalah sesuai aturan, sehingga dapat memastikan proses demokrasi pada pemilu serentak 2024 berlagsung dengan berkualitas dan dpat mensejahterakan seluruh rakyat,"Imbau Bupati Hermus

Bupati juga berharap seluruh pihak dapat ikut menjaga dan mendukung netralitas, keamanan dan ketertiban pemilu 2024.

Seperti diketahui pelantikan KPPS di Manokwari, dilaksanakan di lima titik berbeda. yakni GOR Sanggeng, Balai Diklat Andai, Distrik Tanah Rubuh, Distrik Manokwari Utara dan Lapangan aimasi Prafi.

Sementara total Anggota KPPS se kabupaten Manokwari adalah sebanyak 4711. Terbagi atas Distrik Manokwari barat sebanyak 10 PPS, TPS sebanyak 323 dan KPPS 2.261 orang. Distrik Manokwari timur jumlah PPS 7 jumlah TPS 40, KPPS yang dilantik 280 orang, sehingga total kpps yang dilantik di GOR Sanggeng 2541 orang.

Selanjutnya distrik Distrik Manokwari Selatan 18 PPS 18, TPS 82, KKPS 574 orang. Distrik Tanah Rubuh PPS 24, TPS 25, jumlah KPPS  175 orang, Distrik Manokwari Utara PPS 23, TPS 23, KPPS 161 orang. Distrik Warmare 31 PPS, TPS 41, KPPS Yang di Lantik 287 orang. Distrik prafi 16 PPS,55 TPS, total kpps yang di Lantik 385 orang. Distrik masni 32 PPS, TPS 59, KKPS 413 dan distrik sidey PPS 12, PPS 25 dan kpps 175. Sehingga total PPS di kabupaten sebanyak 173, TPS 673 dan jumlah KPPS 4711 KPPS.

Untuk Distrik Manokwari Barat dan Manokwari timur jumlah KPPS sebanyak   2541, yang pelantikannya berlangsung di GOR Sanggeng, di lakukan oleh ketua KPU Manokwari Kristin Rust Rumkabu, turut di hadiri Bupati Manokwari hermus Indou, Forkopimda, OPD teknis, Ketua KPU Papua Barat Bawaslu kabupaten Manokwari serta tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Manokwari, Christine Ruth Rumkabu dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan KPPS merupakan tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024. Pesta demokrasi 14 Februari 2024 merupakan momen penting bagi bangsa dan negara untuk menentukan masa depan bangsa dan negara ini 5  tahun kedepan , untuk itu KPU  membutuhkan penyelenggara pemilu yang bekerja profesional, indepen dan punya integritas yakni Anggota KPPS.

“KPPS adalah ujung tombak, yang memiliki peran yang strategis. Oleh karena itu setelah di lantik dan mengambil sumpah, maka harus bertanggung jawab mengawasi, melaksanakan tahapan penghitungan suara, tahapan pungut hitung dan perolehan hasil tingkat TPS,"Sebutnya.

Kepada Anggota KPPS telah dilantik, Ketua KPU Manokwari juga menegaskan agar dalam menjalankan tugas dan fungsi di dasari dengan pakta integritas KPPS.

“ Pakta integritas menjadi acuan dalam bekerja. Dimana pemilu serentak 2024 dengan banyak aturan baru walaupun ada kpps yang berpengalaman. Tetapi ditahun 2024 ada regulasi yang baru,"Tegas Christin Rumkabu, Ketua KPU Manokwari.

Editor : Damn

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network